Cek Fakta Negara Inggris Jadi Buruan Mahasiswa Indonesia, Terdapat 25 Universitas di Study in UK Expo 2023

- 3 Oktober 2023, 09:40 WIB
Kota Inggris
Kota Inggris /AGUS KUSNANTO/pixabay

YOGYALINE – Cek fakta negara Inggris kini menjadi buruan para mahasiswa Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan. Terdapat 25 universitas dalam Study in UK Expo 2023.

Minat mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi ke Inggris mengalami peningkatan berdasarkan data Higher Education Statistics Agency (HESA) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Peluang magang yang digaji hingga beasiswa menjadi sejumlah daya tarik meningkatnya minat studi ke Inggris.

Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, Gianti Atmojo, mengatakan, pertumbuhan jumlah pelajar Indonesia yang memilih Inggris Raya sebagai destinasi studi mereka terus meningkat beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Draf PKPU Diuji Publik, Peserta Kampanye Pemilu 2024 Boleh di Tempat Pendidikan - Fasilitas Pemerintah

Menurutnya, Data HESA untuk tahun akademik 2021/2022 mencatat adanya 3.690 calon mahasiswa yang memilih belajar di Inggris. Jumlah itu mengalami peningkatan hampir 18 persen dibandingkan dengan periode akademik sebelumnya (2020/2021).

Sementara itu, berdasarkan data LPDP per Agustus 2023, dalam kurun waktu dari tahun 2013-2022, sebanyak 1.605 pelajar Indonesia telah memilih untuk mengejar pendidikan tinggi mereka di Inggris Raya. Gianti mengatakan, data LPDP itu mencerminkan minat yang terus tumbuh dalam mengejar pendidikan berkualitas di Inggris Raya.

Menurutnya, sebagian besar mahasiswa memilih institusi seperti University College London (561 mahasiswa), University of Manchester (440 mahasiswa), University of Edinburgh (306 mahasiswa), dan University of Glasgow (306 mahasiswa).

Baca Juga: Nasib Mario Dandy Satriyo di DO dari Kampus, Universitas Prasetya Mulya Rapat Pimpinan

Ia mengatakan, terdapat sistem pendidikan universitas-universitas di Inggris Raya yang menawarkan program sarjana (S1) selama 3 tahun dan pascasarjana (S2) selama 1 tahun, yang dikenal dengan metode fast-track, dengan kualifikasi yang setara dengan universitas-universitas terbaik di dunia.

Halaman:

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x