UGM Buka Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi 1.850 Mahasiswa Baru Angkatan 2022

- 11 Agustus 2022, 22:12 WIB
Mahasiswa baru Universitas Gajah Mada  tahun 2022 (foto: istimewa) luring
Mahasiswa baru Universitas Gajah Mada tahun 2022 (foto: istimewa) luring /

YOGYALINE - Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi 1.850 mahasiswa baru angkatan 2022.

Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan UGM Utiyati mengungkapkan, mahasiswa baru ini adalah yang telah diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

"Pemerintah Indonesia mengeluarkan KIP Kuliah sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang akan diberikan kepada lulusan SMA, SMK, atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi," kata Utiyati dalam pernyataan tertulis di Yogyakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Modus Pencucian Uang, Dana Rp2,3 Miliar Ditemukan dari Brankas Khilafatul Muslimin

Menurut dia, penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke universitas, serta bantuan biaya hidup sebesar Rp6.600.000 per semester sampai semester delapan.

Ia mengatakan pendaftaran KIP Kuliah dibuka mulai 1 Agustus hingga 19 Agustus 2022.

Kriteria penerima beasiswa itu adalah mahasiswa angkatan 2022 yang lulus SMA/SMK sederajat pada tahun 2022, 2021, dan 2020 yang belum pernah mendapat bantuan KIP Kuliah pada tahun sebelumnya atau ditetapkan sebagai penerima bantuan KIP Kuliah pada perguruan tinggi lain.

KIP Kuliah diprioritaskan bagi mahasiswa yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), atau berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) maupun program kesejahteraan sosial lainnya.

Baca Juga: Heboh Motif Ferdy Sambo Rencana Pembunuhan Brigadir J, Sambo Mengaku Dapat Pengaduan Istri

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah