153 Tersangka Love Scamming Dipulangkan ke China, Tak Ada Toleransi RI Jadi Sarang Penipuan

- 21 September 2023, 08:08 WIB
Sebanyak 153 tersangka kasus love scamming yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) China diulangkan dari Indonesia melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu 20 September 2023.
Sebanyak 153 tersangka kasus love scamming yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) China diulangkan dari Indonesia melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu 20 September 2023. /purwoko/yogyaline.com/polda kepri

YOGYALINE - Sebanyak 153 tersangka kasus love scamming yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) China diulangkan dari Indonesia melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Penyerahan 153 tersangka penipuan online dari Kepolisian RI kepada Ministry of Public Security of Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dilakukan Rabu, 20 September 2023.

Para Warga Negara Asing (WNA) ini terlibat dalam tindak pidana love scamming atau penipuan online yang digerebek di Batam beberapa pekan lalu. Selama ini terdeteksi, para WNA ini melakukan penipuan dengan manipulasi romantisme dengan sasaran warga asing, terutama China.

Hadir dalam upacara tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Tabana Bangun, M.Si., Kadivhubinter Mabes Polri Irjen Pol Krishna Murti, S.I.K., M.Si., M.M, Ministry of Public Security of Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Kakanim Batam Subki Miuldi S.Kom., M.H., Kepala BNN Provinsi Kepulauan Riau Brigjen Pol Drs Henry Parlinggoman Simanjuntak, M.M., Kadis Pariwisata Kota Batam Drs Ardiwinata dan Forkopimda Kepri.

Baca Juga: Modus Love Scams Dibongkar Polisi, 88 Warga Asing Perdaya Korban secara Romantis, Barang Bukti Ribuan HP

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., mengatakan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras Ditreskrimsus Polda Kepri, Divhubinter Polri, dan Ministry of Public Security of Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang bergandeng tangan dalam sebuah joint operation.

Operasi ini dipimpin oleh Dirreskrimsus Polda Kepri, Kombes. Pol. Nasriadi, S.H., S.I.K., M.H., serta Kabag Jatinter Divhubinter Polri Kombes Pol Audie S Latuheru, S.I.K., M.Si.

Penangkapan para WNA di Batam ini berlangsung dalam dua tahap. Yang pertama pada 29 Agustus 2023 di kawasan industri Cammo Batam, di mana 90 WNA Republik Rakyat Tiongkok terjaring penggerebekan. Dari jumlah itu ada 85 di antaranya adalah laki-laki dan 5 orang perempuan.

“Penangkapan kedua yang berlangsung pada 5 September 2023 di Belakang Padang melibatkan 42 WNA China, dengan rincian 34 orang adalah laki-laki dan 8 orang adalah perempuan,” jelas Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Tabana Bangun, M.Si.

Selanjutnya, Kadivhubinter Mabes Polri Irjen Pol Krishna Murti, S.I.K., M.Si., M.M., menjelaskan adapun total tersangka yang berhasil diamankan oleh Polri terkait kasus love scamming berjumlah 153 orang, sebanyak 132 orang digerebek di 2 lokasi di Kota Batam.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x