Penyediaan Rumah Layak dan Terjangkau dari PUPR Ditunggu! Simak Realisasi - Apa Saja Programnya

- 18 Juni 2023, 21:13 WIB
 Rumah khusus nelayan di Lombok.
Rumah khusus nelayan di Lombok. /Dok. Perumahan.pu.go.id

YOGYALINE - Ketersediaan hunian layak bagi warga tetap ditunggu-tunggu masyarakat saat ini. Program penyediaan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat memiliki anggaran cukup besar pada tahun 2023, yakni sekitar Rp 11,27 triliun, untuk membangun berbagai jenis dan model hunian.

Seberapa besar prosentase realisasi penyediaan rumah tinggal atau hunian layak ini? Bagaimana dengan program Sejuta Rumah? Simak di artikel ini, termasuk ketahui program-programnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan berkomitmen menghadirkan huniah layak itu.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Pembeli Perumahan Kandara Village? Begini Sikap Pemda, Cek Data Kemiskinan DIY

Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR menyatakan akan terus berupaya mengatasi kekurangan perumahan (backlog), dan mendorong ketersediaan hunian layak bagi masyarakat.

Diketahui, untuk tahun 2023 ini anggaran program penyediaan perumahan dialokasikan sebesar Rp11,27 triliun. Hal itu utamanya digunakan untuk pembangunan rumah susun (rusun), rumah swadaya, rumah khusus (rusus), dan bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU). 

Hingga 12 Juni 2023, realisasi keuangan Ditjen Perumahan pada anggaran tahun 2023 sebesar Rp 2,74 triliun atau 24,36 persen dari total anggaran.

“Sementara itu realisasi fisik mencapai 27,33 persen,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, di Jakarta seperti dikutip dari situs Kemen PUPR, Minggu 18 Juni 2023.

Menurut Iwan Suprijanto, realisasi fisik dari program Ditjen Perumahan secara khusus dilaksanakan untuk pembangunan rumah susun sebanyak 1.633 unit atau 29,54 persen dari target 5.528 unit.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x