Mudik ke Ujung Sumatera Kini Beda! Cek Peta Jalur Tol Terkini dan Dilengkapi Fasilitas Apa Saja?

- 27 Februari 2023, 15:56 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera yang dalam arus Mudik Lebaran 2023 nanti akan bertambah panjang dengan dibukanya dua jalur baru di wilayah Aceh. Seksi 5 dan Seksi 6 Tol Sibanceh siap lancarkan mudik kali ini.
Jalan Tol Trans Sumatera yang dalam arus Mudik Lebaran 2023 nanti akan bertambah panjang dengan dibukanya dua jalur baru di wilayah Aceh. Seksi 5 dan Seksi 6 Tol Sibanceh siap lancarkan mudik kali ini. /Antara/HO-Hutama Karya/

YOGYALINE - Mudik ke ujung Sumatera kini beda! Kementerian PUPR membuka dua jalur tol di ujung Pulau Sumatera untuk Mudik Lebaran 2023, yaitu rute tol Blang Bintang - Kuto Baro, dan rute tol Kuto Baro – Baitussalam sepanjang 12,40 km.

Dua ruas tol itu merupakan bagian dari jalan Tol Sibanceh atau Sigli – Banda Aceh yang membentang sepanjang 74,2 km. Dengan dibukanya dua rute tol baru itu berarti akan menyambung sejumlah rute tol Sibanceh yang sebelumnya telah dioperasikan.

Jalan tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 rute tol Blang Bintang - Kuto Baro sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 rute tol Kuto Baro – Baitussalam sepanjang 5 km, itu kini telah lengkap dengan fasilitas penunjang sehingga siap digunakan untuk kelancaran Mudik Lebaran 2023.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2023, Nomor 5 Paling Fatal

Kementerian PUPR maupun PT Hutama Karya (Persero) juga menyambut gembira rencana pembukaan dua tol baru itu.

“Saat ini pengerjaan tol Simpang Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 90,38 persen, Sigli-Banda Aceh Seksi 5 mencapai 97,97 persen dan Seksi 6 sudah mencapai 85,05 persen. Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97 persen, sehingga diperkirakan bisa selesai tepat waktu,” kata Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro dalam keterangan tertulis, Sabtu 18 Februari 2023 lalu.

Untuk itulah bagi perantau di luar daerah yang hendak Mudik Lebaran 2023, sudah bisa menyiapkan diri dari sekarang, bukan? Tapi, tahan dulu, lebih afdol jika saat ini juga perlu menyimak rute tol terkini yang merupakan terusan ruas tol tersebut.

Secara umum Jalan Tol Sigli - Banda Aceh telah mengoperasikan tiga seksi, yakni Seksi 2 Seulimeum - Jantho (6,35 km), Seksi 3 Jantho - Indrapuri (16 km), dan Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang (14 km).

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x