Operasi Zebra Mulai Hari Senin Ini, Begini Catatan Kepala Korlantas

- 3 Oktober 2022, 11:11 WIB
Ilustrasi Operasi Zebra 2022 hari ini, meski ada kamera ETLE, polisi masih bisa lakukan tilang manual, simak selengkapnya.
Ilustrasi Operasi Zebra 2022 hari ini, meski ada kamera ETLE, polisi masih bisa lakukan tilang manual, simak selengkapnya. / ANTARA/Hafidz Mubarak A

YOGYALINE - Operasi Zebra 2022 dimulai hari ini Senin 3 Oktober 2022. Petugas akan menindak para pelanggar dalam berlalu lintas sebagai bentuk pencegahan kecelakaan lalu lintas.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan bahwa permasalahan utama dalam berlalu lintas yakni kemacetan dan kecelakaan.

“Kemacetan dan kecelakaan menjadi sebuah permasalahan utama dalam berlalu lintas, apalagi jika sampai merenggut nyawa,” ujar Firman dalam sambutannya, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan: Wayne Rooney Miris, Sergio Ramos Kepikiran Keluarga Korban

Firman menyebutkan, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi tahun 2022 sampai bulan Agustus ini sebanyak 6.707 kasus dengan kerugian mencapai belasan miliar rupiah.

“Tercatat data kecelakaan, jumlah laka lantas tahun 2022 sampai dengan bulan Agustus berjumlah sebanyak 6.707 kasus dengan korban meninggal dunia 452 orang, luka berat 972 orang dan luka ringan sebanyak 6.704 orang, dengan kerugian meterial mencapai Rp 13.450.150.000,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Firman menambahkan bahwa salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yakni rendahnya kesadaran para pengemudi pengguna jalan.

“Salah satu penyebab kecelakaan dalam berlalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran dalam berlalu lintas, terutama pada kasus pelanggaran lalu lintas oleh pengemudi,” tuturnya.

“Tentunya hal ini perlu kita cermati bersama dalam rangka evaluasi untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut".

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 3 Oktober 2022, Cinta, Keuangan, Karier

"Kunci utama yang harus dilakukan dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat,” tandasnya.***

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x