BMKG: Wilayah Pesisir di Daerah Ini Perlu Waspada, Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Menerjang

- 19 Agustus 2022, 10:50 WIB
Ilustrasi Gelombang tinggi yang menerjang dan harus diwaspadai pada Jumat-Sabtu 20 Agustus 2022 ini.
Ilustrasi Gelombang tinggi yang menerjang dan harus diwaspadai pada Jumat-Sabtu 20 Agustus 2022 ini. /Twitter@SARSATLINMAS/

YOGYALINE - Ingat! Gelombang tinggi masih berpotensi menerjang laut di selatan Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat pada Jumat 19 Agustus 2022 ini.

Sesuai dengan peringatan dini dari BMKG, tinggi gelombang bisa mencapai 4 hingga 6 meter. Wilayah sejumlah pantai di daerah Jabar, Jateng dan DIY perlu diwaspadai.

Diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa ada potensi gelombang sangat tinggi di laut selatan Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar) dan Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Pelapor Pesulap Merah ditantang dr Richard Lee, Ngeper Juga dengan Jarum Suntik: Begini Dalihnya

Gelombang tinggi diprediksi terjadi pada hari ini Kamis (18/8/2022) sampai dengan Sabtu (20/8/2022).

"Peringatan dini ini kami keluarkan karena tinggi gelombang laut selatan Jawa Barat hingga Yogyakarta berpotensi mencapai 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi," ungkap Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis (18/8/2022).

Lebih jauh Teguuh mengatakan, selama kurun 18 sampai 20 Agustus 2022 gelombang sangat tinggi berpotensi menghampiri perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya.

Selanjutnya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Adapun, gelombang sangat tinggi juga berpeluang muncul di Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x