Wisatawan dan Nelayan Harap Waspada, Akan Ada Gelombang Sangat Tinggi

- 18 Agustus 2022, 12:45 WIB
Gelombang laut sangat tinggi akan terjadi tanggal 18 sampai 20 Agustus 2022. Wisatawan pantai dan nelayan diharap waspada.
Gelombang laut sangat tinggi akan terjadi tanggal 18 sampai 20 Agustus 2022. Wisatawan pantai dan nelayan diharap waspada. /Dokumentasi BPBD Kabupaten Tasikmalaya /

 

YOGYALINE - Para wisatawan pantai maupun nelayan pencari ikan, harap waspada, karena kondisi laut yang tidak ramah, alias akan terjadi gelombang sangat tinggi di laut selatan Jawa Barat sampai Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kondisi gelombang sangat tinggi itu akan terjadi dari tanggal 18 hingga 20 Agustus 2022.

Demikian peringatan dini itu diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Teguh Wardoyo di Cilacap.

"Peringatan dini ini kami keluarkan, karena tinggi gelombang laut selatan Jabar hingga DIY berpotensi mencapai empat sampai enam meter atau masuk kategori sangat tinggi," kata Teguh Wardoyo Kamis 18 Agustus 2022 seperti dilansir dari Antara.

"Gelombang sangat tinggi ini terjadi karena faktor peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas laut," kata Teguh.

Baca Juga: Setelah Disentil Akhirnya Komisi III DPR Akan Panggil Kapolri, Komnas HAM, LPSK

"Kami imbau seluruh pengguna jasa kelautan agar tetap waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi. Sementara bagi wisatawan diimbau agar tidak berenang atau mandi di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang sangat tinggi dapat datang sewaktu-waktu," ungkap Teguh.

Menurut Teguh selama kurun 18 sampai 20 Agustus 2022 gelombang sangat tinggi berpotensi menghampiri perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x