Rivalitas Ganjar-Mahfud vs Prabowo-Gibran di Jateng, Simak Basis PDIP - Strategi Jelang Hari H

- 7 Januari 2024, 15:59 WIB
Blusukan Ganjar - Mahfud yang selalu dekat masyarakat ubah elektabilitas pasangan Pilpres nomor urut 3 terus naik.
Blusukan Ganjar - Mahfud yang selalu dekat masyarakat ubah elektabilitas pasangan Pilpres nomor urut 3 terus naik. /purwoko/yogyaline.com/PR JABAR/IST

YOGYALINE - Daerah Jawa Tengah dinilai akan menjadi wilayah pertarungan penting pada Pilpres 2024 sehingga pasangan calon presiden (capres) kini fokus menggalang dukungan di wilayah yang terkenal sebagai basis PDIP itu. Pasangan capres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud yang direpresentasikan sebagai ‘pemilik kandang banteng’ terus menggarap wilayah tersebut, terutama menghadapi gerilya yang dilakukan pasangan calon Prabowo-Gibran.

Jawa Tengah yang dikenal sebagai kandang banteng memang cukup strategis sebagai benteng pertahanan Ganjar-Mahfud, paslon yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo itu. Pasalnya mengacu pada hasil pemilu 2019 lalu, PDIP meraup kemenangan tabal, yang juga linier dengan kemenangan pasangan Jokowi-Maruf Amin.

Bahkan dari berbagai hasil survei elektabilitas capres jelang Pemilu 2024 terkini, Jateng merupakan wilayah yang masih kokoh milik PDIP, di samping sejumlah daerah di luar Jawa yang secara tradisional juga merupakan basis PDIP.

Baca Juga: Blusukan Jadi Kunci Utama Kenaikan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Bagaimana peta basis PDIP di Jateng yang kini menjadi perebutan sengit para paslon, terutama Ganjar Mahfud vs Prabowo-Gibran?

Berdasar pada hasil pemilu 2019, suara nasional untuk PDIP di Jawa Tengah mencapai 5,77 juta suara, atau menyumbang 21 persen perolehan suara PDIP. Bahkan perolehan suara di lima kabupaten di Jawa Tengah masuk dalam ranking 10 besar daerah tingkat II dengan perolehan suara PDIP terbanyak.

Menurut data KPU dan BPS, PDIP meraih dukungan 5,77 juta suara atau 29,71 persen dari total suara sah di Jateng pada Pemilu 2019, yakni 19,42 juta suara.

PDIP unggul jauh dari pesaing terdekatnya yakni PKB dengan raiahan 2,73 juta suara atau 14 persen suara sah.

Selanjutnya di posisi ketiga ada Golkar dengan meraup 2,28 juta suara (12,26 persen). Gerindra yang berada di ranking keempat di Jateng hanya meraih 1,71 juta suara atau 8,76 persen.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x