BSN Gelar Indonesia Quality Expo di Balikpapan, Simak Standar Mutu dalam Pembangunan IKN

- 10 November 2023, 11:51 WIB
Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan kegiatan Indonesia Quality Expo (IQE) di Kota Balikpapan, lokasi yang cukup dekat dengan pembangunan IKN. Ini secara strategis membuktikan bahwa BSN sangat mendukung program pemerintah dalam membangun IKN.
Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan kegiatan Indonesia Quality Expo (IQE) di Kota Balikpapan, lokasi yang cukup dekat dengan pembangunan IKN. Ini secara strategis membuktikan bahwa BSN sangat mendukung program pemerintah dalam membangun IKN. /purwoko/yogyaline.com/bsn

YOGYALINE - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan kegiatan Indonesia Quality Expo (IQE) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), lokasi yang cukup dekat dengan pembangunan IKN. Acara ini sebagai wujud BSN mendukung program pemerintah dalam membangun IKN yang tetap mengedepankan masalah standar mutu.

Diketahui, salah satu kebijakan pemerintah yang hingga kini terus berlangsung yaitu pembangunan Ibukota Nusantara atau IKN yang pelaksanaannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

Dalam membina dan mengembangkan infrastruktur mutu di Indonesia; yaitu standardisasi, penilaian kesesuaian, serta metrologi, maka BSN menyatakan selalu mendukung kebijakan strategis pemerintah Indonesia baik di pusat maupun di daerah melalui pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) serta memastikan penerapannya efektif di pasar.

Baca Juga: Tim MAN Insan Cendekia Gorontalo Raih Bronze Prize di Olimpiade Standar Internasional Wakil Indonesia

Sebagaimana diketahui, standardisasi memiliki tujuan untuk melindungi konsumen dan meningkatkan daya saing produk Indonesia, maka IQE sebagai kegiatan sosialisasi SNI serta pengenalan lembaga BSN, menjadi sangat penting di Wilayah Kalimantan Timur, yang akan menjadi lokasi pembangunan IKN.

Kepala BSN, Kukuh S Achmad saat membuka IQE ke-11 Tahun 2023, di di Gedung Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis 9 November 2023 mengatakan, IKN diharapkan akan menjadi role model dalam pengelolaan kota di Indonesia.

“Di sinilah merupakan kesempatan yang sangat baik bagi BSN dan Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan, untuk mendorong pembangunan IKN dengan menggunakan produk dalam negeri dan tentunya ber-SNI,” ujar Kukuh.

Dikatakan, hal ini menjadi cerminan dalam misi pelaksanaan IQE tahun 2023, dimana IQE diharapkan dapat menjadi momentum bagi kebangkitan ekonomi, mengatasi isu-isu nasional dan global, serta terutama membangkitkan optimisme para pelaku UMK.

Selain itu, dalam momentum pembangunan IKN juga, BSN ingin menyuarakan pentingnya penggunaan produk dalam negeri dan tentunya ber-SNI.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x