Putri Politisi PDIP Aria Bima Maju Calon DPD RI di Dapil DIY, Mengaku Banyak Belajar dari Ayah dan Kolega

- 18 September 2023, 22:17 WIB
RA Yashinta Sekarwangi Mega merupakan satu di antara 9 calon DPD RI dari Dapil DIY pada Pemilu 2024.
RA Yashinta Sekarwangi Mega merupakan satu di antara 9 calon DPD RI dari Dapil DIY pada Pemilu 2024. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Sebanyak 9 nama telah ditetapkan masuk Daftar Calon Sementara (DCS) DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Pemilu 2024. Dari 9 nama tersebut ada satu sosok milenial yang ambil bagian dalam pesta demokrasi berebut restu warga DIY untuk dapat duduk di Gedung Rakyat, Senayan, Jakarta.

RA Yashinta Sekarwangi Mega merupakan satu di antara 9 calon DPD RI dari Dapil DIY pada Pemilu 2024. Ia juga tercatat sebagai calon termuda yang mendaftarkan diri di KPU sebagai calon anggota DPD RI dari Dapil DIY.

Meski sosok muda, namun soal dunia politik bukanlah hal baru baginya. Maklum, Yashinta Sekarwangi Mega merupakan putri dari politisi PDIP Aria Bima. Meski dari gen politisi yang berlatar belakang kepartaian, Yashinta Sekarwangi Mega mengaku mantab untuk maju membawa aspirasi warga DIY melalui DPD.

Baca Juga: Draf PKPU Diuji Publik, Peserta Kampanye Pemilu 2024 Boleh di Tempat Pendidikan - Fasilitas Pemerintah

Yashinta Sekarwangi Mega pun kini sudah rajin turun ke masyarakat untuk lebih memperkenalkan diri. Ia kadang menyapa warga Yogyakarta bersama dengan para calon anggota legislatif lainnya.

Saat hadir dalam dialog kebangsaan sekaligus menjaring aspirasi warga di Sumberarum, Moyudan, Sleman, akhir pekan kemarin, Yashinta Sekarwangi mengaku banyak belajar politik dari ayahnya dan juga beberapa sosok politisi kolega sang ayah.

“Dunia politik bukan hal baru bagi saya. Dan saya menganggap melalui dunia politik, saya bisa memberikan sumbang sih pengabdian kepada masyarakat juga,” kata putri Aria Bima, tokoh politik dari PDIP yang melenggang ke Senayan dari Dapil Jateng V itu, ketika memaparkan alasannya ingin berkarir di dunia politik.

Diakui, selain karena motivasi dari ayahnya, ia juga banyak mengenal sosok politisi perempuan di Yogyakarta, dimana selama ini juga telah memberikan berbagai inspirasi baginya. Di antaranya MY Esti Wijayati, anggota DPR RI Fraksi PDIP dari Dapil DIY, yang juga selama ini banyak membimbingnya.

Ia memang sempat mendapatkan pujian dari Esti Wijayati yang juga hadir dalam dialog kebangsaan itu. Esti memuji sebagai milenial, Sekarwangi Mega layak mendapatkan pujian karena di usianya yang masih muda, ia memiliki banyak pengalaman dalam program-program sosial, termasuk aktivitasnya hingga ke luar negeri.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x