Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Prabowo Stabil, Ini Hasil Survei Capres 2024 Terbaru Charta Politika

- 7 Mei 2023, 11:05 WIB
Survei kandidat Capres 2024: Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies berdasarkan hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia periode pekan terakhir April 2023.
Survei kandidat Capres 2024: Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies berdasarkan hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia periode pekan terakhir April 2023. /Dok Foto/ANTARA

YOGYALINE - Dinamika politik di tanah air mulai menghangat seiring mencuatnya sejumlah nama yang kian mengerucut dalam bursa Capres 2024. Bagaimana konstelasi koalisi partai, hingga nama-nama kandidat yang bakal disodorkan masih terus berproses.

Seiring dinamika politik yang kian menggeliat sejumlah lembaga survei semakin intens mengintip tentang elektabilitas masing-masing kandidat yang disebut-sebut bakal maju dalam konstestasi Piplres 2024 mendatang.

Hasil survei terbaru Lembaga Charta Politika Indonesia menyebutkan, Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, sebagai kandidat bakal calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Megawati Kenakan Kopiah kepada Ganjar Panowo, Capres PDIP Pemilu 2024, Inilah Maknanya

Peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa menjelaskan, Ganjar meraih persentase paling besar, bahkan gapnya memiliki kecenderungan kian jauh dari posisi 3, Anies Baswedan, capres yang diusung Partai NasDem.

"Pada simulasi tiga nama, Ganjar dipilih oleh 36,6 persen responden, Prabowo 33,2 persen, dan Anies 23 persen. Sementara 7,2 responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab," katanya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 7 Mei 2023.

Ardha melanjutkan, setelah status capres dipastikan untuk Ganjar menyusul dikukuhkannya lewat pengumuman resmi PDIP pada 21 April lalu, elektabilitas Ganjar meningkat cukup signifikan.

Nilainya naik dari awalnya sebesar 31,4 persen di survei sebelumnya, menjadi 36,6 persen di hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x