Bendol Bukan Pelatih Sembarangan, Inilah Sederet Prestasi Sejak Era Galatama

- 2 Februari 2023, 00:11 WIB
Benny Dollo.
Benny Dollo. /Tangkap layar Youtube.com/Sriwijaya TV/

YOGYALINE - Inilah sederet prestasi dan penghargaan yang pernah diraih Benny Dollo alias Bendol, hingga namanya pun melambung di belantika pelatih sepakbola tanah air.

Benny Dollo yang mulai mencorong namanya semenjak Kompetisi Galatama masih bergulir era 80-an, terus mampu menyesuaikan diri dalam kiprah kepelatihan klub-klub elite di tanah air era 90-an.

Bahkan Bendol, sapaan akrab Benny Dollo, akhirnya dipercaya untuk menangani timnas Indonesia selepas Nandar Iskandar pada tahun 2000.

Baca Juga: Benny Dollo Meninggal Dunia Akibat Penyakit Komplikasi, Publik Bola Ungkapkan Duka Cita

Bendol menangani Timnas Indonesia hingga sekitar tahun 2010 an, dimana prestasinya pernah membawa juara pada Piala kemerdekaan 1 tahun 2008.

Meski prestasi di Timnas Indonesia termasuk tidak menonjol, namun Bendol cukup disegani sebagai pealtuh klub setelah sejumlah prestasi diraih tim asuhannya.

Sebut saja piala yang kini berada di lamari Arema Malang, di antaranya diraih pada masa kepelatihan Benny Dollo. Arema pernah menyabet juara pada Liga 1 2024, yang kemudian secara mengesankan merengkuh juara Coppa Indonesia tahun 2005 dan 2006.

Sebelumnya, nama Bendol sudah melambung tinggi setelah membawa Pelita Jaya berjaya dalam beberapa tahun di ajang Kompetisi Galatama.

Pelita Jaya berjaya pada kompetisi Galatama tahun 1988/89, 1990 dan 1993. Selebihnya pernah menduduki runner up pada musim kompetisi 1987/1988.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x