PWKI Komitmen Siap Aktif Dalam Perdamaian Dunia, Ini Pesan Kardinal Suharyo

- 2 November 2022, 11:03 WIB
Perwakilan Delegasi Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) berpamitan dengan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo di kediamannya, di Jakarta, Selasa (01/11/2022).
Perwakilan Delegasi Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) berpamitan dengan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo di kediamannya, di Jakarta, Selasa (01/11/2022). /yogyaline.com/

YOGYALINE - Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) siap berkiprah aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, yang diawali dengan melakukan kunjungan resmi ke Vatikan pada November ini.

Dalam kunjungan ini rombongan PWKI dipimpin oleh Mayong Suryolaksono sebagai Ketua Delegasi dan didampingi Penasihat PWKI AM Putut Prabantoro.

Kunjungan itu didasarkan pada amanat Pembukaan UUD 1945 tentang perdamaian dunia dan Dokumen Abu Dhabi yang ditandatangani pada Februari 2019.

Baca Juga: Candi Prambanan dan 6 Spot Menarik di sekitarnya Yang Tak Kalah Mempesona

Rencana kunjungan itu diapresiasi Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo saat menerima perwakilan delegasi PWKI di Jakarta, Selasa malam 1 November 2022.

Dikatakan, ini merupakan momen yang tepat untuk menyuarakan perdamaian, untuk menyuarakan persaudaraan di tengah konflik dan perselisihan di berbagai belahan dunia dengan latar belakang berbagai kepentingan.

Dibutuhkan berbagai kelompok masyarakat di manapun untuk bersama-sama menyuarakan perdamaian.

Kardinal Suharyo menguraikan Dokumen Abu Dhabi harus memiliki pengaruh signifikan. Dokumen yang ditandatangani Paus Fransiskus dan Sheikh Ahmad al-Tayyeb, Imam Besar Al Azhar pada 4 Februari 2019 di Uni Emirat Arab, harus memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi dunia saat ini.

Perang Rusia dan Ukraina adalah bukti di mana dokumen tersebut belum berpengaruh secara signifikan. Dokumen tersebut berjudul _The Document on Human Fraternity for World Peace and Living Together.”_Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x