Cacar Monyet Masuk ke Indonesia, Seorang Pria Tertular

- 23 Agustus 2022, 14:58 WIB
Ilustrasi cacar monyet.
Ilustrasi cacar monyet. /Pixabay/TheDigitalArtist/

 

YOGYALINE - Virus cacar monyet (monkeypox) sudah masuk ke Indonesia. Seorang pria berusia 27 tahun telah terinfeksi virus itu, setelah melakukan perjalanan ke sejumlah negara Eropa, dan tertular.

Kementerian Kesehatan Indonesia mengonfirmasi kebenaran informasi masuknya cacar monyet pertama ke Indonesia itu, 20 Agustus 2022 lalu.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Cacar monyet bisa menular melalui kontak langsung dari hewan ataupun manusia yang telah terkontaminasi. Virus ini juga dapat ditularkan oleh plasenta ibu hamil kepada janinnya.

Selain itu penularan cacar monyet bisa melalui gigitan atau cakaran dari hewan yang terinfeksi, cairan tubuh atau luka orang yang terkontaminasi, serta droplet pernapasan apabila melakukan kontak langsung dengan penderita dalam waktu yang panjang.

Gejala atau ciri-ciri cacar monyet mirip dengan cacar air seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut Ada Pesan Rahasia Megawati Soekarnoputri untuk Surya Paloh

Namun yang membedakannya adalah virus monkeypox ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati).

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x