Perolehan Medali Indonesia di Asian Games: Indonesia Masih di Peringkat 12 dengan 6 Emas

- 4 Oktober 2023, 20:44 WIB
Lifter peraih juara Olimpiade dari Indonesia Rahmat Erwin Abdullah meraih emas dengan mencetak rekor dunia pada nomor 73kg Putra di Asian Games Hangzhou.
Lifter peraih juara Olimpiade dari Indonesia Rahmat Erwin Abdullah meraih emas dengan mencetak rekor dunia pada nomor 73kg Putra di Asian Games Hangzhou. /purwoko/yogyaline.com/xinhua/olimpics

YOGYALINE - Perolehan medali kontingen Indonesia di ajang Asian Games Hangzhou hingga Rabu, 4 Oktober 2023, meraih 6 medali emas, 18 perak, dan 16 perunggu. Indonesia masih menempati posisi 12.

Salah satu tambahan medali emas yang meyakinkan disumbangkan Rahmat Erwin Abdullah dari cabang angkat besi.

Lifter peraih juara Olimpiade dari Indonesia Rahmat Erwin Abdullah meraih emas dengan mencetak rekor dunia pada nomor 73kg Putra di Asian Games Hangzhou, Selasa 3 Oktober 2023.

Baca Juga: Wushu Persembahkan 1 Medali Emas Asian Games, Perolehan Medali Indonesia 3 Emas, Naik ke Peringkat 6

Rahmat Erwin Abdullah, yang kini berusaia 22 tahun, mengangkat barbel 158kg di Snatch dan mencatatkan rekor dunia 201kg di Clean and Jerk dengan total kemenangan 359kg. Prestasi terbaiknya di Clean and Jerk tercipta setelah ia berhasil menambah satu kg lebih baik dari rekor dunia yang ia cetak sebelumnya.

“Ini adalah kontes yang menarik, seperti yang saya perkirakan,” kata Rahmat Erwin Abdullah seraya menambahkan bahwa ia sangat menikmati proses kompetisi tersebut.

Menyusul di belakangnya ada Weeraphon Wichuma, 19 tahun, dari Thailand, yang meraih emas di kelas 73kg Putra pada Kejuaraan Angkat Besi Dunia 2023 di Riyadh bulan lalu, merebut perak, dengan total mengangkat 156kg di Snatch dan 195kg di Clean and Jerk dari total 351kg.

Atlet angkat besi Korea Utara Oh Kum Thaek berada di urutan ketiga dengan total angkatan 344kg.

Wei Yinting dari China, yang memenangkan emas di kelas 73kg Putra di Kejuaraan Angkat Besi Asia 2023 Mei ini, mengangkat 161kg di Snatch tetapi gagal mencapai 180kg dalam tiga percobaan di Clean and Jerk.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x