Inilah Peta Politik di DIY Jelang Pemilu 2024, PDIP Mendominasi di 7 Dapil, Simak Perolehan Tiap Partai

- 28 Juni 2023, 19:36 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024 - Inilah peta politik di DIY jelang Pemilu 2024 berdasarkan hasil Pileg 2019. Simak data perolehan kursi tiap partai di 7 Dapil yang ada, selengkapnya.
Ilustrasi Pemilu 2024 - Inilah peta politik di DIY jelang Pemilu 2024 berdasarkan hasil Pileg 2019. Simak data perolehan kursi tiap partai di 7 Dapil yang ada, selengkapnya. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Inilah peta politik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan perolehan suara partai dan jumlah kursi DPRD DIY saat ini, hasil Pemilu Legislatif (Pileg 2019). Konstelasi politik yang ada menjadi gambaran awal persaingan pada Pemilu 2024 mendatang. Simak selengkapnya di artikel ini.

Peta politik di DIY menggambarkan kekuatan partai nasionalis cukup mendominasi, yang juga beriringan dengan partai bernuansa religius.

PDIP mendominasi perolehan suara di 7 Daerah Pemilihan (Dapil) di DIY. Di urutan berikutnya ada Gerindra, PAN, dan PKS, dimana tiga partai ini meraup kursi seimbang.

Baca Juga: Inilah Jumlah Pantarlih di DIY dan Pembagian Dapil Pemilu 2024, Cek Berkas yang Harus Disiapkan Warga

Disusul kemudian PKB, Golkar, dan Nasdem.

Sedangkan Partai Demokrat, PPP, dan PSI berada di papan berikutnya dengan memperoleh jumlah kursi yang sama.

Menjelang Pemilu 2024 kini partai politik peserta pemilu pun telah memanaskan mesin politik guna meraih hasil terbaik pada Pemilu 2024 mendatang.

Dinamika politik juga kian dinamis dengan masuknya sejumlah partai baru peserta Pemilu 2024. Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi peta persaingan dalam perebutan suara rakyat di setiap Dapil yang ada.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x