Cek Siapa Sosok Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso, Wanita yang Wajahnya Menghiasi Google Doodle Hari Ini

- 10 Mei 2023, 09:15 WIB
profil Prof Dr Julie Sulianti Saroso yang dirayakan Google Doodle hari ini
profil Prof Dr Julie Sulianti Saroso yang dirayakan Google Doodle hari ini /

YOGYALINE – Cek siapa sosok Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso, wanita yang wajahnya menghiasi Google Doodle hari ini.

Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso. Wanita kelahiran 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali itu merupakan salah satu dokter wanita pertama di Tanah Air.

Sulianti Saroso berminat untuk menggeluti bidang kedokteran sejak berusia muda lantaran terinspirasi dari sosok ayahnya yang juga merupakan dokter. Ia diketahui telah lulus dengan gelar kedokteran dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada tahun 1942.

Baca Juga: 13 Aplikasi Palsu ChatGPT di Google Play Store dan App Store

Kemudian, ia meneruskan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat. Oleh karena itu, ia pun mendapatkan sejumlah gelar lanjutan dalam bidang kesehatan masyarakat.

Sepanjang perjalanannya menempuh pendidikan, Sulianti Saroso diketahui pernah menerima beasiswa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Sulianti Saroso kembali ke Indonesia pada tahun 1952 dan menjadi sosok yang ikut membantu membawa pendidikan keluarga berencana di Tanah Air.

Sulianti Saroso juga pernah menjadi bagian dari Kementerian Kesehatan. Pada saat itu, ia ditunjuk untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Halaman:

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x