Jika Google, WhatsAPP, Facebook Diblokir, Apa Alternatif Penggantinya?

- 18 Juli 2022, 11:29 WIB
Ilustrasi media sosial.
Ilustrasi media sosial. /Pixabay/Gerd Altmann/

 

YOGYALINE - Masyarakat sampai saat ini masih bertanya-tanya, bagaimana seandainya pemblokiran platform media sosial seperti Google, Facebook, hingga WhatsAPP betul-betul terjadi? Apa ada alternatif platform lain yang bisa digunakan?

Pemerintah melalui Kominfo telah memberi batas akhir dua hari lagi, yaitu pada 20 Juli 2022, sebelum akhirnya platform digital tersebut tidak bisa diakses oleh masyarakat.

Tentu rencana pemblokiran ini meresahkan masyarakat, karena mayoritas kegiatan baik dalam ekonomi maupun lainnya ditunjang oleh platform digital tersebut.

Diketahui, Kominfo akan memblokir aplikasi yang belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) berdasarkan peraturan menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Baca Juga: Jamaah Haji Asal Jateng yang Meninggal Tambah Dua

Dilansir dari laman Kominfo PSE, adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

Lantas, jika ketiga platform itu benar-benar diblokir, apakah ada alternatif lain yang bisa digunakan apabila hal tersebut terjadi ,sampai akhirnya bisa diakses kembali?

Berikut beberapa aplikasi media sosial pilihan yang bisa menjadi alternatif:

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x