Kian Mantab, Banjarnegara! Cek Infrastruktur Penyediaan Air Baku Terbaru, Serta Jatah 8.000 Sambungan Rumah

- 16 Maret 2023, 11:19 WIB
Ilustrasi Mentri PUPR Basuki Hadimuljono sedang meninjau proyek jalan tol IKN bersama presiden Jokowi beberapa waktu lalu.
Ilustrasi Mentri PUPR Basuki Hadimuljono sedang meninjau proyek jalan tol IKN bersama presiden Jokowi beberapa waktu lalu. /Instagram/@Jokowi/

YOGYALINE - Kian mantab, Banjarnegara! Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kini memiliki sistem penyediaan air baku yang kian berstandar setelah rampungnya pembangunan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Baku (SPAB) Kali Ori di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh.

Dukungan sistem penyediaan air baku Kali Ori ini diproyeksikan akan meningkatkan layanan penyediaan air bersih untuk kapasitas 8.000 sambungan rumah (SR) yang dikelola PDAM Kabupaten Banjarnegara.

Jadi simak di mana saja wilayah yang akan terjangkau sanbungan baru air bersih ini, layak ditunggu info dari pengelola, yakni PDAM Banjarnegara ke depan.

Baca Juga: Cek Progres Jalan Tol Jogja - Bawen Seksi 1 Sleman - Banyurejo, Konstruksi Dikebut hingga Warga Rasakan Dampak

Peresmian SPAB Kali Ori ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BWWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada 12 Maret 2023. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

“Jadi ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik merupakan basic untuk kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri Basuki. 

Secara teknis sistem penyediaan air baku ini akan memanfaatkan sumber air dari Kali Ori yang disalurkan melalui jaringan perpipaan sepanjang 6,6 km dengan kapasitas 100 liter/detik.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x