Mahfud MD Bongkar Perintah Presiden Jokowi ke Kapolri Sebelum Ferdy Sambo Tersangka: Tak Cepat, Bisa Rumit!

- 15 Agustus 2022, 09:16 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) didampingi Wakapolri yang juga Ketua Timsus Polri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kiri) berjalan sebelum memberikan keterangan pers terkait tersangka baru kasus dugaan penembakan Brigadir J di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.*
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) didampingi Wakapolri yang juga Ketua Timsus Polri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kiri) berjalan sebelum memberikan keterangan pers terkait tersangka baru kasus dugaan penembakan Brigadir J di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.* /ANTARA/

YOGYALINE - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membongkar percakapan Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait aksi Irjen Ferdy Sambo.

Sehari sebelum penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka, Jokowi diketahui memanggil Listyo Sigit Prabowo ke Istana.

Ada pertimbangan krusial Jokowi desak segera tangani secara terang-benderang.

Baca Juga: YLBHI Ingatkan Polri Serius Melakukan Reformasi Institusi

Kasus pembunuhan adalah kasus yang biasa ditangani polisi, namun karena menyangkut kiprah perwira tinggi Polri, hal itu menjadi lebih rumit.

Mahfud MD pun membongkar hal-hal penting yang disampaikan Presiden kepada Kapolri dalam pertemuan mereka pada Senin, 8 Agustus 2022 itu.

"Hari Senin, sebelum pengumuman Sambo tersangka, itu siangnya pak presiden manggil Polri, sorenya panggil saya," ucap Mahfud MD.

Dia pun menuturkan apa yang disampaikan Jokowi kepada Listyo Sigit Prabowo di Istana, terkait kasus penembakan Brigadir J ini.

"Presiden mengatakan 'saya menegaskan lagi, ini masalah menyangkut Marwah negara dan juga Polri. Saya sebagai presiden percaya kepada Polri, percaya kepada Kapolri bisa menyelesaikan ini karena ini sebenarnya masalah sederhana'," tutur Mahdud MD.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x