PDIP Tempatkan Beberapa Wajah Baru di DPRD DIY, Ada Mantan Ketua DPRD II hingga Mantan Wabup

- 8 Maret 2024, 21:59 WIB
PDIP meloloskan 19 caleg untuk duduk di kursi DPRD DIY. Di antara yang terpilih merupakan penatang baru, meski sosoknya sudah cukup dekat dengan para tokoh internal PDIP di DIY.
PDIP meloloskan 19 caleg untuk duduk di kursi DPRD DIY. Di antara yang terpilih merupakan penatang baru, meski sosoknya sudah cukup dekat dengan para tokoh internal PDIP di DIY. /Ilustrasi/ilustrasi

YOGYALINE – Sejumlah wajah baru dari PDIP bakal duduk sebagai anggota DPRD DIY periode 2024-2029. Dari hasi penetapan hasil Pileg 2024 untuk DPRD DIY, diketahui PDIP merebut 19 kursi dari 55 anggota Dewan.

Secara keseluruhan dari 7 Dapil di DIY, PDIP meraup 19 kursi, Gerindra 8 kursi, PKS 7 kursi, PKB dan Golkar masing-masing 6 kursi.

Sedangkan PAN meraih 5 kursi, Nasdem 2 kursi, PPP 1 kursi, dan PSI 1 kursi.

Baca Juga: Hasil Pileg 2024 untuk DPRD DIY: PDIP Raup 6 Kursi di Sleman, Golkar-PKB Lobang di Kota Yogya

PDIP merebut 19 kursi, atau naik dua kursi dari hasil pemilu sebelumnya yang hanya 17 kursi. Di antara para caleg yang terpilih, beberapa di antaranya merupakan pendatang baru.

Dari para pendatang baru ini, ada yang merupakan mantan wakil bupati, pengusaha, hingga caleg yang ‘naik kelas’ dari anggota DPRD tingkat kabupaten pada periode sebelumnya.

Selain itu, beberapa di antaranya juga merupakan sosok yang sudah cukup dikenal di internal PDIP, karena cukup dekat dan berjuang bersama para tokoh PDIP di DIY.

Terpilihnya para anggota DPRD yang baru itu selain seiring bertambahnya perolehan kursi di dapil tertentu, juga karena persaingan perolehan suaranya yang memang melejit dibanding para incumbent.

Di Dapil DIY 1 yang melingkupi Kota Yogya, PDIP meraih hasil tetap sebanyak tiga kursi. Bahkan wakil yang lolos juga sama dengan hasil pemilu 2019.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x