Pemilihan DPD Dapil DIY: Ratu Kraton Yogya Dipilih Sepertiga Warga, Klen PKS Tergeser Anak Politisi PDIP

- 1 Maret 2024, 19:01 WIB
GKR Hemas diapit Yashinta Sekarwangi Mega dan Aria Bima.
GKR Hemas diapit Yashinta Sekarwangi Mega dan Aria Bima. /Instagram/Instagram/@y.sekarwangi

YOGYALINE – Empat senator dari Dapil DIY hasil Pemilu 2024, menampilkan wajah baru. Satu incumbent besar kemungkinan bakal digantikan oleh pendatang baru, mengingat perolehan suara yang dikumpulkan kini jauh tertinggal dari tiga kandidat lainnya.

Pendatang baru, Yashinta Sekarwangi Mega mampu merebut perolehan suara di peringkat kedua, berdasarkan real count yang di-update KPU per Jumat 1 Maret 2023 pukul 18.01 WIB ini.

Yashinta Sekarwangi Mega, yang juga dekat dengan klen PDIP itu ‘menggeser’ incumbent HA Khudori, yang selama ini dikenal sebagai klen PKS.

Baca Juga: Putri Politisi PDIP Aria Bima Maju Calon DPD RI di Dapil DIY, Mengaku Banyak Belajar dari Ayah dan Kolega

Komposisi urutan pertama hingga keempat sudah dapat dilihat dalam trend rekap perolehan suara dari hari pertama pemungutan suara. Hingga saat ini empat besar pengumpul suara terbanyak calon DPD Dapil DIY tidak berubah, yakni GKR Hemas, Yashinta Sekarwangi Mega, Ahmad Syauqi Soeratno, dan Hilmy Muhammad.

Setelah itu baru disusul di belakangnya HA Khudori di posisi lima.

Berdasar data real count KPU per Jumat 1 Maret 2024 pukul 18.01 WIB, Yashinta Sekarwangi Mega yang merupakan putri dari politisi PDIP Aria Bima itu meraih sebanyak 332.687 suara atau 20,23 persen.

Raihan suaranya berada di belakang GKR Hemas yang meraih suara 555.393 suara atau mencapai 33,78 persen.

Jumlah ini kurang lebih setara dengan pilihan sepertiga dari total suara sah dalam Pemilihan DPD Dapil DIY pada Pemilu 2024 ini. 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x