RSUD Bendan Kota Pekalongan Siapkan Instalasi Perawatan Caleg yang Alami Depresi

- 24 Februari 2024, 13:28 WIB
Ilustrasi, ada potensi para Caleg yang kalah dalam Pemilu 2024 bisa mengalami depresi, RSUD Kota Pekalongan kini menyiapkan instalasi khusus.
Ilustrasi, ada potensi para Caleg yang kalah dalam Pemilu 2024 bisa mengalami depresi, RSUD Kota Pekalongan kini menyiapkan instalasi khusus. /freepik/Freepik

YOGYALINE - Kontestasi Pemilu 2024 baru melewati tahapan pemungutan suara, dan masih banyak tahapan yang bakal dilalui. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memberikan layanan pada tim sukses maupun calon legislator yang gagal dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melalui instalasi rehabilitasi medik.

Instalasi ini dimaksimalkan karena diperkirakan terdapat sejumlah peserta kontestasi pileg 2024 yang dimungkinkan mengalami tekanan mental hingga gangguan kejiwaan.

"Usai Pemilu 2024 diperkirakan banyak calon legislator yang gagal dan akan mengalami banyak tekanan hingga gangguan kejiwaan," kata Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan Dwi Heri Wibawa di Pekalongan, Jumat 23 Februari 2024 seperti dikutip dari Antara Jateng.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Sampaikan Pesan Pemilu 2024 Berbudaya, Jangan Ada Intimidasi - Provokasi

Pihaknya hingga saat ini belum menerima ada laporan pasien depresi yang masuk dari para caleg maupun tim sukses yang dirawat khusus di RSUD Bendan karena tidak lolos dalam kontestasi Pemilu 2024.

Meski demikian jika nantinya ada pasien masuk, maka pihaknya siap menangani.

Menurut dia, pihaknya memiliki instalasi rehabilitasi medik untuk melayani pasien yang mengalami gangguan kejiwaan.

Instalasi rehabilitasi medik itu, kata dia, di dalamnya ada layanan psikologis bagi pasien yang ingin melakukan konsultasi secara langsung.

"Kami menyediakan layanan kesehatan mental bagi masyarakat juga. Namun, bagi caleg yang gagal jika membutuhkan konsultasi psikologis bisa langsung menghubungi RSUD Bendan untuk mendapatkan layanan terbaik," katanya.

Dwi Heri berharap para kontestan yang gagal dalam Pemilu 2024 tetap berjiwa legowo agar kesehatan mental tetap terjaga dan tidak perlu sampai mendapatkan treatment psikologis secara khusus.

Baca Juga: Seruan dari DIY Sri Sultan HB Teken Deklarasi Pemilu Damai, Berbudaya dan Bermartabat

"Pasien yang mengalami gangguan kejiwaan akan mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis jiwa dan psikolog. Instalasi rehabilitasi medik ini akan dibuka setiap hari," katanya.***

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x