Erupsi Merapi Belum Sampai Mengganggu Penerbangan di Bandara Adi Soemarmo

- 2 Februari 2024, 10:38 WIB
Kubah lava Gunung Merapi sisi barat daya masih menyimpan potensi luncuran awan panas hingga ribuan meter. Data update aktivitas Merapi pada Senin menunjukkan telah terjadi setidaknya 40 kali awan panas guguran.
Kubah lava Gunung Merapi sisi barat daya masih menyimpan potensi luncuran awan panas hingga ribuan meter. Data update aktivitas Merapi pada Senin menunjukkan telah terjadi setidaknya 40 kali awan panas guguran. /kukuh setyono/bpptkg/yogyaline.com

YOGYALINE - Gunung Merapi yang berada di perbatasan DI Yogyakarta - Jawa Tengah masih mengalami erupsi. Meski demikian, pihak pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo memastikan bahaa erupsi Gunung Merapi, Jateng dalam beberapa hari terakhir tidak mengganggu operasional pesawat yang melakukan penerbangan dari dan ke bandara setempat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis 1 Februari 2024, mengatakan bandara terus memantau aktivitas erupsi Merapi dan setiap saat melakukan uji abu vulkanik di area bandara.

"Erupsi Merapi masih terus berlangsung tidak berdampak pada operasional Bandara Adi Soemarmo dan penerbangan tetap berjalan sesuai jadwal," katanya dikutip dari Antara Jateng.

Baca Juga: Lomba Lari di Kawasan Lereng Merapi 'Ambarrukmo Volcano Run 2023' juga Dikuti Pj Walikota dan Bupati

Meski demikian, demi alasan keselamatan layanan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, pihaknya secara berkala melakukan pengecekan uji abu vulkanik erupsi Merapi dengan menggunakan paper test.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini hasilnya negatif," katanya lagi.

Ia mengatakan secara garis besar paper test merupakan pengujian secara kasat mata untuk mengetahui ada atau tidaknya abu vulkanik melalui media kertas putih.

"Paper test di Bandara Adi Soemarmo dilaksanakan di area pendaratan pesawat. Hal ini untuk memastikan tidak adanya partikel abu vulkanik yang dapat mengganggu pergerakan pesawat di sisi udara," kata dia.

Selain itu, pihaknya secara berkala juga terus memantau perkembangan erupsi Gunung Merapi melalui laporan aktivitas gunung api yang diterbitkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga: Begini Nasib Monyet - Kijang di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Simak Respon 12 Jenis Mamalia di Sini

"Pada prinsipnya kami senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan berkomitmen memastikan keandalan seluruh fasilitas di Bandar Udara Adi Soemarmo. Dengan demikian keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para pengguna jasa senantiasa terjaga," katanya pula.***

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x