Analisa BMKG DIY Sepekan ke Depan Cuaca Ekstrem, Besok di Mana Berpotensi Hujan? Simak Prakiraan Ini

- 4 Januari 2024, 19:48 WIB
Cuaca di Yogyakarta dalam sepekan ke depan diperkirakan cukup ekstrem yang diwarnai dengan hujan lebat. Pada Kamis 4 Januari 2024, sejumlah pohon tumbang ke jalan hingga cukup mengganggu arus lalu lintas di Kota Yogyakarta.
Cuaca di Yogyakarta dalam sepekan ke depan diperkirakan cukup ekstrem yang diwarnai dengan hujan lebat. Pada Kamis 4 Januari 2024, sejumlah pohon tumbang ke jalan hingga cukup mengganggu arus lalu lintas di Kota Yogyakarta. /purwoko/yogyaline.com/tangkapan layar

YOGYALINE - Berdasarkan pada hasil analisis dinamika atmosfer dari Stasiun Meteorologi Yogyakarta International Airport (YIA), terdapat Monsun Asia musim dingin -- yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan, mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia.

Dengan kondisi demikian sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Selain itu, aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) termonitor sudah mulai memasuki kuadran 3 (Indian Ocean) wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan efeknya adalah berkontribusi terhadap penambahan uap air di wilayah Indonesia sehingga memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

Baca Juga: Bangunan Kanopi di Stasiun Yogyakarta Rubuh Terempas Angin, 5 Mobil Tertimpa Konstruksi

"Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia, terutama wilayah Jawa bagian utara, yang secara tidak langsung ikut menambah pasokan uap air di Jawa bagian selatan, termasuk DIY," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Kamis 4 Januari 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengimbau warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang selama sepekan ke depan.

"Berdasarkan analisis terkini diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem," katanya.

Selain mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang, Warjono juga meminta warga DIY yang tinggal di daerah bertopografi curam, bergunung, atau tebing dan rawan longsor dan banjir tetap waspada terhadap dampak cuaca ekstrem, termasuk banjir bandang, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Ekstrem dalam sepekan ke depan

Terkait potensi cuaca ekstrem di Yogyakarta sepekan ke depan dipaparkan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi. Di antaranya, terbentuknya pola siklonik di Jawa bagian selatan memicu pumpunan massa udara di wilayah DIY.

Berdasarkan hasil analisis terkini dari profil vertikal, pihak BMKG menganalisa bahwa kelembapan udara di wilayah DIY pada ketinggian 1,5-5,5 km berkisar antara 70-95 persen (basah). Hal itu menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah itu lebih dominan terjadi pada siang-sore hari.

Lantas di mana saja yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Jumat besok, 5 Januari 2024 dan waktu-waktu berikutnya?

BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta merinci pada 5 Januari 2024 hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian Utara dan Tengah, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara.

Baca Juga: Siapkan Perjalanan Akhir Pekan di Jogja-Solo, Simak JADWAL KRL JOGJA SOLO Hari Ini, 14 September 2023

Berikutnya pada 6 Januari 2024 potensi serupa di Kota Yogya, Sleman, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara.

Kemudian pada 7 Januari 2024 potensi terjadi di Sleman, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul.

"Dalam sepekan terakhir, cuaca ekstrem berupa hujan lebat turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor di beberapa daerah di DIY," katanya. ***

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x