Pengamanan Berbasis Digital Diterapkan Polri, CCTV Jangkau Gang-gang Kecil, Begini Kata Kompolnas

- 15 November 2023, 11:31 WIB
Pola pengamanan berbasis digital mulai diterapkan jajaran kepolisian. Polrestabes Semarang dan Polresta Surakarta adalah di antara institusi kepolisian yang menjadi tujuan peninjauan oleh Kompolnas.
Pola pengamanan berbasis digital mulai diterapkan jajaran kepolisian. Polrestabes Semarang dan Polresta Surakarta adalah di antara institusi kepolisian yang menjadi tujuan peninjauan oleh Kompolnas. /purwoko/yogyaline.com/div humas

YOGYALINE - Pola pengamanan berbasis digital mulai diterapkan jajaran kepolisian. Polrestabes Semarang dan Polresta Surakarta adalah di antara institusi kepolisian yang disambangi oleh Kompolnas. Konon di sini pemasangan CCTV dilakukan hingga gang-gang kecil. Simak apa fungsi dan tujuannya?

Kompolnas mengapresiasi Polrestabes Semarang Polda Jawa Tengah atas penerapan pola pengamanan berbasis digital. Hal itu disampaikan saat Kompolnas melakukan kunjungan kerja ke Polda Jawa Tengah pada 13-14 November 2023.

Kunjungan tersebut dipimpin Ketua Tim Kerja Kompolnas Irjen Pol (Purn) Drs Pudji Hartanto Iskandar dan didampingi anggota Kompolnas H. Mohammad Dawam. Rombongan diterima oleh Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, S.I.K. dan PJU, serta Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum.

Baca Juga: Para Pimpinan Media Massa, Div Humas Polri hingga Dewan Pers Deklarasi Kawal Pemilu 2024 Damai

Kapolrestabes Semarang memaparkan penggunaan sistem digitalisasi dalam rangka meminimalisir tindakan kriminalitas di Kota Semarang.

Kemudian, Ketua Tim Kerja Kompolnas memandang, inovasi yang dibuat oleh Polrestabes Semarang adalah role model Polri yang bagus untuk penegakan hukum berbasis scientific.

“Hal ini sangat positif dan perlu dikembangkan role model penegakan hukum berbasis IT ini sebagai aplikasi Program LIBAS (Polisi Hebat Semarang) Polrestabes Semarang dengan kerjasama yang terbangun antara masyarakat, Pemerintah Kota dan Polri dalam pemasangan CCTV sampai pada gang-gang terkecil di seluruh wilayah hukum Polrestabes Semarang,” jelasnya, Selasa 14 November 2023.

Selain menyambangi Polrestabes Semarang, Kompolnas juga melakukan kunjungan ke Polresta Surakarta yang diterima Kapolresta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si dan PJU. Saat kunjungan tersebut, Kompolnas mendapat paparan persiapan pengamanan Pemilu 2024.

Anggota Kompolnas Mohammad Dawam menambahkan, seluruh anggota Polri harus terus meningkatkan kualitas profesionalitas dan netralitas sebagaimana perintah dan arahan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x