Konsep MPLS Ini Bisa Disimak, Usulan Wali Kota Semarang Beda Lho

- 20 Juli 2023, 08:45 WIB
Tahun ajaran baru tiba, saatnya bagi siswa baru menjalani MPLS, inilah konsep MPLS yang bisa dijalankan, sesuai usulan Wali Kota Semarang.
Tahun ajaran baru tiba, saatnya bagi siswa baru menjalani MPLS, inilah konsep MPLS yang bisa dijalankan, sesuai usulan Wali Kota Semarang. /Pexels.com / Ron Lach/pexels

YOGYALINE - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) saat yang indah bagi para siswa baru. Selayaknya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan dan berkedan bagi mereka.

Ada banyak cara dilakukan dalam mengefektifkan MPLS. Bagaimana sebaiknya MPLS dilakukan? Simak konsep usulan Wali Kota Semarang ini.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga meminta sekolah tidak membebani siswa, terutama dalam aspek biaya dalam penyelenggaraan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).  

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru 2023/2024 di Sleman, Dukuh, Lurah hingga Penewu Wajib Data Anak Tak Mau Sekolah

"Sebenarnya, sudah disampaikan Kepala Dinas Pendidikan untuk melarang (kewajiban) pembelian seragam baru, kemudian termasuk ospek, dan sebagainya," kata Ita, sapaan akrab Hevearita di Semarang, Rabu 19 Juli 2023.

Istilah ospek (orientasi studi dan pengenalan kampus) biasanya untuk perguruan tinggi, sedangkan untuk sekolah dulu disebut masa orientasi siswa (MOS) sebelum diganti istilahnya menjadi MPLS.

Menurut dia, MPLS biasanya akan meminta siswa untuk membuat atau membawa barang-barang tertentu yang akhirnya membuat siswa harus membeli apa yang disyaratkan.

"Akhirnya, ospek buntut-buntutnya ke biaya juga. Kan suruh buat apalah. Saya minta jangan sampai terjadi lagi," tegas Wali Kota.

Ia mengatakan bahwa sekarang ini sudah memasuki masa endemi COVID-19 sehingga kegiatan pembelajaran sudah bisa berlangsung secara penuh di sekolah, tidak seperti saat pandemi.
   
"Ini kan sudah endemi ya sehingga sudah mulai pembelajaran penuh di sekolah. Kami harapkan mereka bisa 'concern' belajar. Guru-guru dan kepala sekolah bener-bener 'concern'," katanya.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja Solo Hari Ini Rabu 12 Juli 2023, Lengkap Jam berangkat Saat Musim Tahun Ajaran Baru

Selain itu, Ita juga meminta sekolah mengawali masa tahun ajaran baru dengan kegiatan-kegiatan, seperti menanam hingga edukasi mengenai berbagai hal, mulai anemia hingga stunting.

"Kalau perlu jangan pakai ospek gitu. Suruh aja mereka menanam, kan lebih punya manfaat ya. Tidak harus ospek yang macem-macem, dikasih (aksesoris) apa, dikasih apa begitu," katanya.

Tahun ajaran baru 2023/2024 sudah dimulai, dan para siswa sekolah, mulai jenjang SD hingga SMA sederajat di Kota Semarang sudah mulai masuk pada 17 Juli 2023 untuk memulai pembelajaran.

Sebelum memasuki kegiatan pembelajaran, sekolah melaksanakan MPLS untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.***

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x