Teknologi Face Recognition Boarding Gate Bikin Boarding di stasiun KAI Tak Ribet, Begini Keuntungannya

- 19 Maret 2023, 09:27 WIB
Stasiun KAI Yogyakarta kini menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang dapat mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah.
Stasiun KAI Yogyakarta kini menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang dapat mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Untuk memudahkan calon penumpang kereta api (KAI) jarak jauh yang akan naik kereta dari Stasiun Yogyakarta kini dapat merasakan boarding tiket kereta api yang lebih cepat dan tanpa ribet. Calon penumpang cukup daftar diri satu kali, kemudian tinggal memindai wajah saat boarding, maka boarding gate akan terbuka seketika dan pelanggan dapat langsung masuk stasiun.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo menjelaskan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta kini telah memasang teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Yogyakarta.

"Bagi calon penumpang kereta api yang hendak berangkat dari Stasiun KAI Yogyakarta akan dapat merasakan boarding tiket kereta api yang lebih cepat dan tanpa ribet. Pelanggan cukup daftar diri satu kali, kemudian tinggal memindai wajah saat boarding maka boarding gate akan terbuka seketika dan pelanggan dapat langsung masuk," tutur Franoto pada Sabtu 18 Maret 2023.

Baca Juga: Cek Jadwal TV Moji TV Hari Ini, 19 Maret 2023, Grand Final Proliga 2023 Jakarta Lavani - Jakarta Bhayangkara

Hadirnya Face Recognition Boarding Gate tersebut bertujuan untuk mempermudah calon penumpang kereta api jarak jauh yang akan naik kereta dari Stasiun KAI Yogyakarta.

Sehingga calon penumpang kereta api yang memakai fasilitas tersebut saat boarding tidak perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

Apa itu Face Recognition Boarding Gate? Franoto menjelaskan Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang dapat mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah.

Dalam teknologi tersebut, data pelanggan sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan. Dengan begitu, selain cepat, tingkat keamanannya juga baik.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x