Peringatan BMKG Hari Ini dan Sabtu, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter Terjadi di Sejumlah Wilayah

- 4 November 2022, 13:08 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi di Perairan NTT dan sejumlah perairan di Indonesia
Ilustrasi gelombang tinggi di Perairan NTT dan sejumlah perairan di Indonesia /Pixabay/Vanessa_BMS

YOGYALINE - Gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan di Indonesia mulai hari ini Jumat (4/11/2022) hingga Sabtu (5/11/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini sekaligus memberikan imbauan kepada warga yang beraktivitas serta tinggal di wilayah pesisir agar mewaspadai gelombang tinggi sampai empat meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," terang Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Lusa Ini Sabtu 5 November 2022, Cinta, Keuangan, Karier

Menurutnya, gelombang tinggi di kisaran 2,50 - 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano - Bengkulu, Samudra Hindia Barat Sumatra, Samudra Hindia Selatan Banten - Jawa Barat, dan Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah.

Gelombang yang lebih rendah di kisaran 1,25 - 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Kepulauan Simeulue - Kep Mentawai, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten - Sumba.

Kemudian situasi serupa juga berpotensi terjadi di Selat Bali - Selat Lombok - Alas bagian selatan, Laut Sawu, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat.

Selain itu juga di perairan Kepulauan Anambas - Natuna, Laut Natuna, Laut Jawa, perairan selatan Kepulauan Babar - Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kai dan Laut Arafuru.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Lusa Ini Sabtu 5 November 2022, Cinta, Keuangan, Karier

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x