Jenis-jenis Aplikasi UMKM yang Perlu Disimak untuk Tingkatkan Bisnis Anda

- 31 Agustus 2022, 08:22 WIB
Produk UMKM yang dipamerkan pada acara C2H di SMS Tangerang.
Produk UMKM yang dipamerkan pada acara C2H di SMS Tangerang. /Dewi Agustini /Kabar Banten

YOGYALINE - Dalam mengelola bisnis, terutama ketika masih menjadi usaha kecil dan menengah atau UMKM, memang cukup menantang.

Namun, dengan adanya teknologi, semua hal yang berkaitan dengan bisnis dan pelaksanaannya bisa dilakukan secara otomatis dan sistematis.

Bahkan, pemilik usaha tidak perlu menangani langsung secara manual. Hal ini tentu dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

Baca Juga: Daftar Harga Oppo A Series Akhir Agustus 2022: Oppo RAM Besar Turun Harga

Selain itu, adanya aplikasi semacam ini juga dapat menjadi cara untuk menghemat anggaran karena dapat memprediksi kebocoran dana atau masalah keuangan lainnya. 

6 Aplikasi UMKM yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis

Kerja keras memang diperlukan dalam menjalankan bisnis apapun. Namun, kerja keras juga harus disertai dengan kerja cerdas agar lebih efisien di segala bidang. Salah cara efisiensi tersebut adalah dengan menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti berikut ini:

Aplikasi Laporan Keuangan

Seperti yang diketahui, di dalam sebuah bisnis, keuangan adalah wilayah yang rentan. Salah langkah sedikit saja dalam pengelolaan keuangan, maka ada kemungkinan bisnis akan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x