Selamatkan UMKM, Warganet Tandatangani Petisi

- 2 Juli 2022, 15:35 WIB
Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM. /Dok. Corporate Secretary Bank BRI/

YOGYALINE - Masyarakat merespon serius terkait petisi di dunia maya tentang mahalnya makanan di platform GoFood dan GrabFood. Petisi itu adalah ekspresi dari curahan pendapat warganet.

Lebih dari 9.406 orang telah menandatanganilaman change.org dengan petisi bertajuk “Selamatkan UMKM dengan Batasi Komisi Food Platform Online Maksimum 3 persen”

Isi dari petisi tersebut mengatakan jika komisi yang ditetapkan pada platform online cukup besar, komisi yang ditetapkan mencapai 20% dari harga asli.

"Hal ini menyebabkan setiap Merchant terpaksa menaikan harga cukup tinggi agar menjaga keuntungan, komisi dan discount. Efek dari harga tinggi maka Daya Beli menurun," tulis Aloysius Efraim.

Isi dari petisi tersebut mengatakan jika komisi yang ditetapkan pada platform online cukup besar, komisi yang ditetapkan mencapai 20% dari harga asli.

"Yang paling tidak masuk akal adalah komisi 20% terhadap pricelist, jika produk kita turunkan melalui discount, komisi tetap terhadap pricelist. Padahal platform/marketplace barang hanya dibebankan komisi berkisar 3 persen, lagi pula setiap platform sdh mendapatkan keuntungan dari delivery," tulisnya.

Tak hanya itu dalam petisi tersebut mengatakan jika belum ada penetapan aturan komisi.

Hal ini membuat pemilik platform dengan seenaknya menentukan nilai komisi dan dasar perhitungan yang mencekik merchant terutama UMKM

“Maka petisi ini akan menyelamatkan UMKM dari kebangkrutannya," tulis Aloysius Efraim.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah