Digigit Ular Berbisa, Simak Langkah Ini yang Harus Dilakukan

- 16 Juli 2022, 08:58 WIB
Ilustrasi ular, 7 tanaman ampuh pengusir ular. / Antara News
Ilustrasi ular, 7 tanaman ampuh pengusir ular. / Antara News /

YOGYALINE - Kasus digigit ular berbisa banyak dialami warga. Baik itu digigit ular ketika salah menginjak atau salah memegang, ataupun karena tidak mengetahui ular ada di dekat tubuh kita.

Digigit ular berbisa dapat menjadi ancaman nyata bagi setiap orang. Baik di halaman, kebun, sawah, maupun di dalam rumah.

Diketahui terdapat sekitar 77 spesies ular di Indonesia, namun hanya ada beberapa spesies ular yang yang benar-benar berbisa.

Baca Juga: Banjir di Garut Terjang Sejumlah Kawasan, Warga Dievakuasi Pakai Perahu Karet

Meskipun demikian, bagi orang normal pada umumnya, melihat ular mendekat kearah kita tentu dapat membuat panik dan merasa ketakutan, karena tidak mudah untuk mengidentifikasi spesies ular yang berbisa ataupun tidak.

Ada yang menyebut bahwa ular adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Tercatat lebih dari 11 ribu orang di dunia meninggal setiap bulannya akibat gigitan ular berbisa.

Cara terbaik untuk terhindar dari risiko digigit ular berbisa adalah dengan mencegah ular masuk rumah atau area kebun Anda. Tapi jika digigit ular, ada cara  mengobatinya.

Dikutip dari my.clevelandclinic.org, ada sejumlah langkah yang bisa anda lakukan bila digigit ular.

Pertama dan terutama, segera cari pertolongan medis. Ini berarti menelepon layanan darurat sesegera mungkin, karena meskipun gigitan itu tidak menyakitkan pada awalnya,

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Zona Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah