Ibu-ibu WKRI DPC Kabupaten Magelang Napak Tilas Pendiri Organisasi di Muntilan hingga Jogja

- 2 April 2024, 21:22 WIB
sebanyak 35 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPC Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengikuti napak tilas Pendiri WKRI Maria Sulastri.
sebanyak 35 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPC Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengikuti napak tilas Pendiri WKRI Maria Sulastri. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Sebagai bagaian dari rangkaian Peringatan 100 Tahun WKRI, sebanyak 35 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPC Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengikuti napak tilas Pendiri WKRI Maria Sulastri. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa 2 April 2024.

Kegiatan dimulai dengan ziarah ke Makam Kerkof Muntilan, dilanjutkan ziarah ke Makam Celeban dan kunjungan ke pabrik rokok cerutu Tarumartani Yogyakarta, tempat pendiri WKRI memperjuangkan upah buruh perempuan.

Ketua panitia Emelia Ratri menyatakan, kegiatan ini bertema "Lahir Kembali Semakin Berarti", dengan tujuan untuk memahami sejarah dan latar belakang WKRI.

Baca Juga: Lagu 'Make Me A Channel of Your Peace' Akhiri Acara Pembinaan Keluarga dari Bimas Katolik Sleman

Acara napak tilas ini juga diharapkan dapat menginspirasi anggota WKRI bahwa mewujudkan iman memerlukan perjuangan, serta meningkatkan peran organisasi perempuan Katolik dalam masyarakat.

 “Kegiatan napak tilas ini diikuti perwakilan ranting WKRI se-Kabupaten Magelang. Di Magelang ada 12 ranting WKRI,” tutur Emelia didampingi Ketua WKRI DPC Magelang Agata Sri Sumarti.

Selain ke Kerkof Muntilan, ziarah dilanjutkan ke Makam Celeban Yogyakarta, tempat dimakamkannya penasihat WKRI pertama Romo Fransiskus Strater SJ dan Romo Harjosoewanda SJ.

Peserta napak tilas juga menyempatkan berkunjung ke PT Tarumartani, dimana dahulu Pendiri WKRI memperjuangkan upah buruh perempuan, khususnya di pabrik rokok cerutu tersebut.

Ketua bidang organisasi Alexandra Hersi Krisnawati mengutarakan bahwa dulu saat jaman Belanda kaum buruh perempuan di Indonesia banyak diperlakukan secara tidak manusiawi.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x