Tips Melakukan Eksfoliasi Dirumah dengan Bahan Alami

- 15 Desember 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi eksfoliasi kulit wajah.
Ilustrasi eksfoliasi kulit wajah. /Freepik-Freepik/
YOGYALINE - Selain eksfoliasi wajah dilakukan dengan produk kecantikan yang saat ini banyak di pasaran namun eksfoliasi bisa juga dengan menggunakan bahan alami yang dapat dilakukan di rumah sendiri.
Eksfoliasi wajah secara rutin perlu dilakukan agar wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Cara melakukan eksfoliasi wajah di rumah juga tidak sulit, karena selain memanfaatkan produk kecantikan yang bisa mengelupas kulit mati, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.
Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.
Bahkan, eksofoliasi wajah juga bisa membantu penyerapan produk kecantikan yang kamu pakai lebih baik, sehingga hasil dari perawatan kulit yang kamu lakukan akan lebih maksimal.
Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah
Tanpa perlu ke klinik kecantikan, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari iritasi kulit. Ingin tahu apa saja hal penting yang perlu kamu perhatikan saat melakukan eksfoliasi wajah? Berikut di antaranya:
Menggunakan alat dan bahan eksfoliasi yang sesuai jenis kulit
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui metode eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu dapat melakukan eksfoliasi wajah secara manual atau memanfaatkan bahan kimia.
Eksfoliasi wajah secara manual bisa dilakukan dengan menggunakan waslap atau kain bersih yang lembut. Biasanya ekfoliasi wajah dengan cara ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit kering, sensitif, atau mudah berjerawat.
Sementara bila memiliki kulit berminyak, kamu bisa melakukan eksfoliasi menggunakan sikat khusus wajah yang lembut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan eskfoliasi dengan memanfaatkan scrub wajah. Namun, lakukan secara hati-hati terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: Simak Berbagai Manfaat Retinol Bagi Kulit Wajah Sebelum Menggunakannya

Untuk eksfoliasi wajah dengan bahan kimia, orang yang memiliki kulit kering dan kombinasi bisa memanfaatkan produk kecantikan yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Bagi orang yang kulit wajahnya sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung beta hydroxy acids (BHA).
Sementara bagi orang yang kulitnya berminyak dan rentan berjerawat, gunakanlah produk yang mengandung retinoid, asam salisilat,atau asam glikolat. Namun, retinoid tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil.
Melakukan eksfoliasi dengan lembut
Jika kamu melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau bahan kimia, oleskan ke wajah secukupnya. Kemudian, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar secara perlahan dan lembut.
Bila menggunakan sikat atau waslap, usapan secara lembut dan membentuk garis-garis pendek secara merata. Lakukan scrubbing sekitar 30 detik, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih.
Selain eksfoliasi wajah dilakukan dengan produk kecantikan yang saat ini banyak di pasaran namun eksfoliasi bisa juga dengan menggunakan bahan alami yang dapat dilakukan di rumah sendiri.
Eksfoliasi wajah secara rutin perlu dilakukan agar wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Cara melakukan eksfoliasi wajah di rumah juga tidak sulit, karena selain memanfaatkan produk kecantikan yang bisa mengelupas kulit mati, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.
Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.
Bahkan, eksofoliasi wajah juga bisa membantu penyerapan produk kecantikan yang kamu pakai lebih baik, sehingga hasil dari perawatan kulit yang kamu lakukan akan lebih maksimal.
Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah
Tanpa perlu ke klinik kecantikan, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari iritasi kulit. Ingin tahu apa saja hal penting yang perlu kamu perhatikan saat melakukan eksfoliasi wajahEksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami
Eksfoliasi wajah tidak harus selalu menggunakan produk perawatan wajah yang dijual di pasaran. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat, seperti gula pasir,kopi bubuk,  madu, cuka apel atau oatmeal.

Baca Juga: 7 Pencegahan Kanker Prostat yang Perlu Diketahui

Sebagai contoh, berikut adalah cara eksfoliasi wajah menggunakan gula pasir yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah:
Siapkan ½ cangkir gula pasir dan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun. Tuangkan kedua bahan ini ke mangkuk lalu aduk hingga tercampur rata.
Setelah tercampur, oleskan scrub ini ke permukaan kulit wajah secara merata, lalu gosok secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 3–4 menit.
Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan.
Akhiri dengan mengoleskan toner dan pelembab pada kulit wajah.
Nah, sebelum mengoleskan scrub eksfoliasi wajah ini ke kulit, pastikan tangan dan wajahmu sudah dalam kondisi bersih, ya.
Selain menggunakan bahan alami atau produk tertentu, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan metode cheemical peeling. Namun, jenis eksfoliasi ini hanya bisa dikerjakan oleh dokter estetika atau dokter spesialis kulit dan cenderung dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah