Nama 10 Pj Gubernur yang Ditunjuk Presiden Jokowi, Ada 2 Sosok Polisi, Nana Sudjana - Budi Andhap

- 1 September 2023, 16:05 WIB
Komjen Pol (purn) Nana Sudjana kini ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jateng. Ini merupakan foto Nana Sudjana saat menjabat Kapolda Metro Jaya dengan pangkat Irjen.
Komjen Pol (purn) Nana Sudjana kini ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jateng. Ini merupakan foto Nana Sudjana saat menjabat Kapolda Metro Jaya dengan pangkat Irjen. /polda metro jaya/Foto Valent

YOGYALINE - Nama-nama Pj Gubernur di 10 daerah yang berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023, telah siap diumumkan. Presiden Joko Widodo telah menunjuk 10 pejabat yang akan menggantikan posisi gubernur yang telah berakhir masa jabatannya tersebut.

Salah satunya Pj Gubernur Jawa Tengah untuk menggantikan Ganjar Pranowo yang habis masa jabatannya pada 5 September 2023, yakni Nana Sudjana.

Penunjukan Nana Sudjana dan 9 Pj Gubernur itu juga akan diumumkan pada Jumat 1 September 2023 sore.

Baca Juga: 18 Tokoh Nasional Menerima Bintang Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi, Ini Nama-namanya

Nana Sudjana selama ini dikenal sebagai sosok pimpinan yang pernah berkarir di kepolisian RI.  Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana  MM memiliki pengalaman yang panjang di dunia kepolisian. Nana juga menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI sejak 27 Maret 2023 lalu.

Profil Nana Sudjana yang merupakan lulusan Akpol 1988 itu cukup dikenal karena juga pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Purnawirawan Polri ini memiliki pengalaman di bidang intelijen hingga sejumlah jabatan lain juga pernah ia emban, dimana jabatan terakhir di Polri  sebagai Kapolda Sulawesi Selatan, dan berstatus sebagai jenderal bintang tiga.

Nana selanjutnya diberikan amanah menduduki Koordinator Staf Ahli Kapolri pada 16 November 2020 hingga 24 Februari 2021. Ia juga pernah menduduki Kapolda Metro Jaya. Setelah Nana selesai menjabat, posisi Nana di Polda Metro Jaya diisi oleh Irjen Pol Muh Fadil Imran.

Sebelumnya ia juga telah selama 33 tahun berkarir di Polri dengan menduduki jabatan di berbagai daerah sejak tahun 2026 silam. Ia pernah menjadi Kapolres Probolinggo pada tahun 2006 .

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x