Cek Progres Bendungan Jlantah Karanganyar, Desain Setinggi 70 Meter, Kapan Selesai?

- 26 Juni 2023, 14:46 WIB
Ilustrasi bendungan. Salah satu bendungan yang segera rampung akhir 2023 yakni Bendungan Jlantah Karanganyar, Jawa Tengah.
Ilustrasi bendungan. Salah satu bendungan yang segera rampung akhir 2023 yakni Bendungan Jlantah Karanganyar, Jawa Tengah. /purwoko/Tangkap layar YouTube.com/Presiden Joko Widodo

YOGYALINE - Inilah progres terkini pembangunan bendungan Jlantah di Karanganyar, Jawa Tengah, yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional. Fungsi bendungan ini untuk menyuplai air irigasi premium hingga sebagai sumber air baku.

Lantas kapan Bendungan Jlantah selesai, dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk proyek tersebut? Simak artikel ini sampai akhir.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan Bendungan Jlantah yang masuk sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga: PUPR Bakal Gelontorkan Duit Rp 2,1 Triliun untuk Padat Karya Tunai, Warga Pedesaan Siap-siap

Bendungan Jlantah yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pada periode 2015-2025, Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian pembangunan 61 bendungan yang akan meningkatkan suplai air irigasi premium dari semula 10,6 persen menjadi 19,3 persen.

Di antara 13 bendungan yang akan diselesaikan pada tahun 2023 ini, terdapat Bendungan Jlantah yang dinilai memiliki fungsi sangat penting di Karanganyar.

Pada tahun 2015 sampai dengan Februari 2023 telah diselesaikan pembangunan 36 bendungan baru yang menambah daerah irigasi produktif seluas 234.741 ha.

"Itu juga sekaligus sebagai bagian dari peningkatan luasan jaringan irigasi 1,12 juta ha, dan rehabilitasi jaringan irigasi seluas 3,84 juta ha,” kata Menteri Basuki dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x