Seorang CJH Asal Klaten Meninggal Dunia di Pesawat Saat Menuju Tanah Suci Minggu Dinihari

- 11 Juni 2023, 14:35 WIB
Ilustrasi: Demi kenyamanan jamaah haji, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri minta meminta maskapai penerbangan untuk serius.
Ilustrasi: Demi kenyamanan jamaah haji, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri minta meminta maskapai penerbangan untuk serius. /Kemenag RI

YOGYALINE - Seorang calon jamaah haji asal Klaten, Jawa Tengah meninggal dunia di dalam pesawat yang ditumpangi saat perjalanan menuju Tanah Suci, Minggu 11 Juni 2023.

Berdasarkan keterangan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) satu calon jemaah haji itu tergabung dalam Kloter 56 Embarkasi Solo.

Sholeh Ahmadi Jamburi (65), calon jamaah haji tersebut meninggal dunia di  pesawat dalam perjalanan ke Tanah Suci, Minggu pukul 03.57 WIB.

Baca Juga: 399 Calon Jemaan Haji dari Jogja Gagal Berangkat, Kuota Kosong Langsung Penuh, Cek Bagaimana di Jateng

Menurut Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi, calon jamaah haji bernama Sholeh Ahmadi Jamburi (65) meninggal karena recurrent stroke attack cardiac arrest (serangan stroke berulang diikuti henti jantung).

Dengan demikian total jamaah calon haji Embarkasi Solo yang meninggal dan dimakamkan di Tanah Suci menjadi 10 orang.

"Jadi calon haji meninggal di dalam pesawat ini, ikut dalam penerbangan GA 6156 yang diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada Sabtu (10/6) pukul 17.10 WIB menuju Tanah Suci," kata Gentur dikutip AntaraJateng.

Informasi yang didapatkan dari petugas Kloter 56, pada pukul 21.00 WIB di dalam pesawat almarhum Sholeh mengalami badan lemas dan sakit perut.

Kemudian dilakukan tindakan oleh tim kesehatan kloter hingga pukul 01.00 WIB. Namun yang bersangkutan tidak sadarkan diri dan kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Bersyukur, 156 Jamaah Haji Yogyakarta Pulang dengan Selamat

Almarhum akan mendapatkan layanan badal haji oleh panitia di Arab Saudi dan mendapatkan asuransi sebesar biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) ditambah ekstra cover dari pihak Garuda Indonesia sebesar Rp125 juta.

"Jenazah meninggal itu, setibanya di Jedah Arab Saudi dipastikan dimakamkan di Tanah Suci, tetapi kami masih menunggu informasi lebih lanjut," katanya.

Sementara itu PPIH Embarkasi Solo pada Minggu ini dijadwalkan memberangkatkan jamaah calon haji tiga kloter, yakni Kloter 58 asal Kabupaten Karanganyar pada pukul 09.40 WIB.

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x