Jadwal Perjalanan Kereta Api Akan Alami Perubahan Mulai 1 Juni 2023, Pastikan Tiket dari Sekarang

- 5 Mei 2023, 20:28 WIB
Jadwal perjalanan kereta api akan mengalami perubahan mulai Juni 2023 terkait pengoperasian sistem baru Gapeka 23, guna menggantikan Gapeka 2021.
Jadwal perjalanan kereta api akan mengalami perubahan mulai Juni 2023 terkait pengoperasian sistem baru Gapeka 23, guna menggantikan Gapeka 2021. /purwoko/PT KAI Daop 6

YOGYALINE – Jadwal keberangkatan kereta api dimungkinkan akan mengalami perubahan mulai bulan Juni 2023 mendatang. Hal itu terkait dengan keputusan PT KAI untuk memberlakukan sistem baru yang disebut Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023, untuk menggantikan Gapeka 2021. 

Menurut Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, dengan penerapan Gapeka baru itu perjalanan kereta untuk rute tertentu akan lebih singkat, sehingga jadwal pun akan mengalami perubahan.

Dengan penyesuaian jadwal keberangktan dan kedatangan itu maka, sebagian besar kereta api mengalami perubahan jadwal.

Baca Juga: Jadwal Kereta Api Bandara YIA, Harga Tiket dan Cara Pemesanan: Cek 10 Waktu Keberangkatan KA Bandara YIA

Untuk itu bagi pengguna kereta mulai Juni 2023 untuk memastikan kembali jadwal perjalanan yang akan dilakukan karena akan terjadi perubahan jadwal, walaupun pergeseran hanya dalam hitungan menit.

Selanjutnya dimungkinkan, frekuensi jadwal juga akan berubah karena ada penambahan kereta untuk sejumlah keberangkatan.

"Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada pelanggan dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal kereta karena sudah berlaku Gapeka 2023," ujar  Franoto, Jumat, 5 Mei 2023.

Ia menjelaskan Gapeka atau Grafik Perjalanan Kereta Api adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang  menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x