Banyak Program Mudik Gratis Lebaran 2023, Mengapa Pakai Sepeda Motor? Ini Imbauan Menhub Budi Karya

- 5 April 2023, 08:17 WIB
Inilah imbauan dari Menhub Budi Karya, terkait fenomena mudik Lebran yang banyak menggunakan sepeda motor. Ia mengimbau masyarakat mudik dengan angkutan mumu, atau memanfaatkan program mudik gratis berbagai pihak. Foto Terminal Cicaheum Siap Sambut Mudik Lebaran 2023.
Inilah imbauan dari Menhub Budi Karya, terkait fenomena mudik Lebran yang banyak menggunakan sepeda motor. Ia mengimbau masyarakat mudik dengan angkutan mumu, atau memanfaatkan program mudik gratis berbagai pihak. Foto Terminal Cicaheum Siap Sambut Mudik Lebaran 2023. /Antara/antara

YOGYALINE – Siap mudik Lebran 2023, siapkan perjalanan secara aman dan nyaman. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mewaspadai lonjakan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Menhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah, swasta dan pihak lainnya.

 “Dengan kerendahan hati, saya mohon agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor karena sangat berbahaya bagi keselamatan. Gunakan motor hanya untuk perjalanan jarak dekat," kata Menhub saat hadir dalam Raker dengan Komisi V DPR RI, Selasa, 4 April 2023.

Baca Juga: Inilah Jadwal Acara RCTI Hari Ini Rabu, 5 April 2023, Cek Ikatan Cinta - Laga Barcelona vs Real Madrid Live

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Kemenhub menyiapkan sarana dan prasarana angkutan massal yang memadai. Antara lain 57.693 unit bus pada 111 terminal, 209 kapal ASDP, 412 pesawat pada 51 bandara domestik dan 16 bandara internasional.

Selain itu juga ada 26 kapal penumpang, 111 kapal perintis, serta 773 kapal swasta pada 260 pelabuhan, juga 605 kereta api per hari pada 145 stasiun.

Sejumlah langkah antisipasi yang telah disiapkan yaitu: di sektor darat, dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada simpang serta ruas jalan baik jalan tol dan non tol.

Selain itu, membatasi angkutan barang bahan galian, bahan tambang, dan bahan bangunan, penambahan rest area, serta memastikan ketersediaan pasokan BBM.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x