Cek Progres Jalur KA Trans Sulawesi Terkini, Lintas Makassar - Parepare Cukup 1,5 Jam, Ada Berapa Kereta?

- 30 Maret 2023, 10:23 WIB
Jalur KA Trans Sulawesi, cek progres terkini proyek jalur KA Makassar - Parepare dan rute lainnya, yang menjadi proyek strategis nasional guna menghubungkan antar wilayah.
Jalur KA Trans Sulawesi, cek progres terkini proyek jalur KA Makassar - Parepare dan rute lainnya, yang menjadi proyek strategis nasional guna menghubungkan antar wilayah. /Dwi Widiyastuti/

YOGYALINE – Cek progres terkini proyek jalur kereta api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar – Parepare, yang menjadi salah satu proyek strategis nasional. Pengoperasian kereta api Makassar – Pare-pare lintas Maros - Barru ini juga merupakan kereta api pertama di Sulawesi.

Kereta api rute Makassar – Parepare itu merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi yang akan menghubungkan antar-provinsi di Sulawesi, mulai dari Sulawesi Selatan (Makassar) sampai ke Sulawesi Utara (Manado).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut proyek KA Makassar-Parepare menjadi salah satu proyek strategis nasional yang memberikan nilai penting dalam pengembangan wilayah Sulawesi.

Baca Juga: Cek Jadwal TV Moji TV Hari Ini Kamis, 30 Maret 2023, Ramadhan Healing - Tayangan Voli Liga Turki

Disebutkan, progres terkini bahwa dari total panjang jalur KA Makassar – Parepare sepanjang 145 km, yang sudah terbangun sepanjang 120 km.

Dari panjang lintasan itu, saat ini yang mulai dioperasikan sepanjang 80 km, yakni dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

Diperoleh catatan, sejak beroperasi pada November 2022 lalu, kehadiran kereta api pertama di Sulawesi ini mendapat sambutan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Sulawesi.

Hingga bulan Maret 2023 ini, kereta api sudah mengangkut penumpang sebanyak 25.699 orang, dengan rata-rata okupansi 78,02 persen dari kapasitas total 90 penumpang menggunakan kereta wisata.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x