Tol Sayung - Demak Dipuji Jokowi! Inilah Sederet Bukti Sebelum Resmi Beroperasi

- 25 Februari 2023, 23:22 WIB
rute tol Sayung - Demak, resmi beroperasi dan sempat dipuji Presiden Jokowi. Selain untuk konektivitas, tol ini juga menjadi tanggul laut.
rute tol Sayung - Demak, resmi beroperasi dan sempat dipuji Presiden Jokowi. Selain untuk konektivitas, tol ini juga menjadi tanggul laut. /Setkab/setkab

YOGYALINE - Layak, ruas tol Sayung – Demak yang diresmikan operasionalnya pada Sabtu, 25 Ferbuari 2023 siang, dipuji Presiden Jokowi. Selain untuk konektivitas antar wilayah, rute tol Sayung – Demak yang merupakan seksi 2 dari proyek jalan tol Semarang - Demak ini juga dijadikan sebagai tanggul laut.

Jalur tol Sayung – Demak ini juga berfungsi sebagai penahan banjir rob yang acap kali menerpa hingga merepotkan warga di wilayah tersebut.

Beruntung tol segera terwujud, yang berarti satu persoalan terpecahkan. Dengan tertahannya limpahan banjir rob, maka dampak banjir rob juga diminimalisir. Nah, selamat, merasa senang kan?

Baca Juga: Jadwal Kapal Pelni KM Pangrango Bulan Maret 2023, Rute Saumlaki, Ambon, Banda, Namrole

Jalur tol Sayung - Demak membentang sepanjang 16,01 km dan menelan biaya Rp 5,9 triliun. Kelak jalur tol ini akan tersambung dengan jalur tol Kaligawe – Sayung, atau seksi 1 dari jalan tol Semarang – Demak.

Secara keseluruhan jalan Tol Semarang-Demak itu membentang sepanjang 26,95 km dan pembangunanya dibagi dalam 2 Seksi.

Pembiayaan tol Semarang - Demak ini melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Dukungan Pemerintah (Viability Gap Fund / VGF).

Untuk Seksi 1 sepanjang 10,64 km merupakan porsi Pemerintah, dan hingga kini telah dilaksanakan kontrak dengan lingkup 3 paket pekerjaan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x