Daftar Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem pada 24 Februari - 28 Februari 2023, Cek Tinggi Gelombang Laut

- 23 Februari 2023, 10:11 WIB
Inilah potensi sejumlah wilayah terdampak cuaca ekstrem dengan kondisi hujan lebat, hujan sedang, hingg parakiraan Tinggi Gelombang oleh BMKG.
Inilah potensi sejumlah wilayah terdampak cuaca ekstrem dengan kondisi hujan lebat, hujan sedang, hingg parakiraan Tinggi Gelombang oleh BMKG. /prmn

YOGYALINE – Inilah wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan, pada 24 Februari hingga 28 Februari 2023 berdasarkan analisa BMKG. Sejumlah wilayah di Indonesia perlu mewaspadai dampak hujan lebat, dampak hujan sedang hingga lebat, dan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan, dari tanggal 22 Februari hingga 28 Februari 2023.

Disebutkan, dalam hasil pantauan dan analisa perkembangan kondisi cuaca saat ini menunjukkan signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Zodiak Keuangan 25 Februari 2023, Aries Percaya Diri, Gemini Jangan Ragu, Leo Jagalah Martabatmu

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang mendukung pembentukan awan hujan lebih intensif dalam beberapa waktu ke depan.

Di antataranya aktivitas Monsoon Asia yang menguat, indikasi aktifnya seruakan dingin dari Asia serta adanya pusat tekanan rendah di Perairan Barat Australia.

Selain itu juga adanya pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Hal itu juga dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Dalam siaran persnya pada Rabu, 22 Februari 2023 disebutkan, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi Siaga terhadap potensi dampak hujan lebat pada periode tanggal 22 - 24 Februari 2023, berikut ini wilayah yang perlu diwaspadai;

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x