Luhut : PPKM Dicabut, Vaksinasi Jalan Terus

- 2 Januari 2023, 21:00 WIB
Vaksinasi Covid-19 pada anak.
Vaksinasi Covid-19 pada anak. /Antara/

 

YOGYALINE - Kewaspadaan tetap dijaga oleh pemerintah, meski terbit kebijakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada Jumat, 30 Desember 2022, lalu.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan, masyarakat tetap harus memenuhi dosis vaksinasi.

"Saya mohon vaksinasi jangan berhenti dan perlu terus didorong. Fasilitas kesehatan tetap harus menyediakan obat-obatan dan vitamin selama masa transisi. Mohon secara reguler juga cek ketersediaan tabung oksigen," jelasnya, Senin, 2 Januari 2023.

Luhut juga meminta agar fasilitas kesehatan pun harus menyediakan obat-obatan dan vitamin selama masa transisi pandemi menuju endemi.

Kebijakan pencabutan PPKM tersebut telah melalui sejumlah kajian dan pertimbangan matang. Jokowi menyebutkan bahwa kebijakan itu bukan hanya gagah-gagahan.

Baca Juga: Bocah 4 Tahun Kena Peluru Nyasar di Sleman, 20 Orang Diperiksa

"Pada akhir tahun 2022 kemarin telah kita cabut PPKM, bukan untuk gagah-gagahan," katanya, Senin, 2 Januari 2023.

"Kajian selama 10 bulan terakhir angka-angka menunjukkan bahwa kita bisa mengendalikan Covid-19. Angka BOR, positivity rate, angka kematian, semuanya di bawah standar WHO, sehingga kita putuskan di akhir tahun PPKM dicabut," ujarnya.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x