Puncak HUT Yogya Dimeriahkan Wayang Jogja Night Carnival di Kawasan Tugu , Sabtu

- 4 Oktober 2022, 20:07 WIB
Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati memberi keterangan pers. (Foto: warta.jogjakota.go.id)
Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati memberi keterangan pers. (Foto: warta.jogjakota.go.id) /

YOGYALINE - Setelah dua tahun diadakan secara daring, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2022 kembali digelar di kawasan Tugu Yogyakarta Sabtu (7/10/2022). Kegiatan WJNC ini menjadi Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati mengatakan selama dua tahun kemarin karena kondisi pandemi Covid-19, kegiatan WJNC diadakan secara terbatas hybrid daring luring.

Namun di tahun ini Kota Yogya sudah level satu sehingga banyak kegiatan sudah diadakan secara langsung.

“Untuk itu WJNC akan kami kembalikan di Tugu Yogyakarta. Kegiatan WJNC menjadi puncak HUT Kota Yogyakarta,” kata Andrini, dalam jumpa pers WJNC #7 di Balai Kota Yogyakarta, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Lesti Kejora Tinggalkan Rumah Sakit, Leher Digips Gegara Tulang Geser

Dikutip Yogyaline dari portal warta.jogjakota.go.id, Andrini menyatakan WJNC #7 mengusung tema Lokananta Arjuna Anugraha karena sebagai bentuk dukungan terhadap gamelan yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco.

Lokananta merupakan nama seperangkat gamelan sakral di kahyangan yang dimainkan para dewa. Gamelan itu dimainkan oleh para dewa pada upacara tertentu. Dalam cerita pewayangan gamelan Lokananta ditabuh mengiringi pernikahan Arjuna dengan Sembadra serta Baladewa dengan Erawati.

“Ada vehicle terkait tema Lokananta yang akan ditampilkan. Gamelan Lokananta juga akan didampingi para bidadari. Setiap kemantren juga ada vehicle tokoh wayang yang ditampilkan,” paparnya.

Kegiatan WJNC yang menampilkan karnaval jalanan tokoh-tokoh pewayangan dari perwakilan 14 kemantren di Kota Yogyakarta. Total ada sekitar 500 peserta dalam WJNC puncak HUT ke-266 Kota Jogja.

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x