Catat! Mulai 30 Agustus 2022 Jalan Gambiran Yogyakarta Diberlakukan Satu Arah ke Selatan

- 25 Agustus 2022, 06:10 WIB
Jalan Gambiran dilihat dari arah Selatan. Mulai 30 Agustus 2022 berlaku satu arah dari utara, sehingga semua kendaraan dari arah selatan dilarang melalui jalan ini. (foto: jogjakota.go.id)
Jalan Gambiran dilihat dari arah Selatan. Mulai 30 Agustus 2022 berlaku satu arah dari utara, sehingga semua kendaraan dari arah selatan dilarang melalui jalan ini. (foto: jogjakota.go.id) /

YOGYALINE - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran berlaku mulai 30 Agustus 2022.

Pemberlakuan arus dari dua arah menjadi satu arah itu diproyeksikan bisa menurunkan volume kendaraan yang melintas hingga sekitar 50 persen. Dengan kondisi tersebut kepadatan lalu lintas di Jalan Gambiran bisa berkurang.

“Kami akan lakukan manajemen rekayasa lalu lintas di Jalan Gambiran karena terkait permasalahan kemacetan. Ada ketidakseimbangan antara kapasitas jalan dan volume kendaraan,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto saat jumpa pers di Balai Kota, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Kapolri Tepis Isu Temuan Uang Rp900 Miliar di Rumah Ferdi Sambo

Pihaknya menyampaikan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan membuat manajemen rekayasa lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran dari simpang SPBU Gambiran sampai simpang tiga di Jalan Pramuka.

Pemberlakuan arus satu arah di Jalan Gambiran itu berlaku untuk semua kendaraan tanpa terkecuali selama 24 jam.

Dia menjelaskan dari perhitungan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di Jalan Gambiran sisi selatan dari simpang empat SPBU Gambiran- simpang tiga Gambiran dan Jalan Pramuka memiliki panjang sekitar 585 meter dengan lebar berkisar 4,5 sampai 5 meter.

Sedangkan volume kendaraan yang melewati Jalan Gambiran selama ini dengan dua arah mencapai 1.217/jam. Kondisi itu saat puncak arus lalu lintas pada pagi dan sore hari. Untuk kinerja jalan atau volume capacity yaitu perbandingan volume arus lalu lintas yang melintas dengan kapasitas Jalan Gambiran yaitu mencapai 0,97.

Baca Juga: Wanita Muda Nekad Terjun dari lantai 7 Mal, Begini Kronologinya

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x