Mengejutkan, Praktik Sindikat Joki Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tarifnya hingga Ratusan Juta

- 18 Juli 2022, 13:22 WIB
Paktik sindikat perjokian dalam tes masuk perguruan tinggi negeri dibongkar jajaran Polda Jatim. Tarifnya hingga ratusan juta rupiah.
Paktik sindikat perjokian dalam tes masuk perguruan tinggi negeri dibongkar jajaran Polda Jatim. Tarifnya hingga ratusan juta rupiah. /A.Purwoko/Yogyaline.com/humas polri

YOGYALINE - Kelompok sindikat pelaku joki tes masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut SBMPTN yang beraksi di Jatim bekerja sistematis.

Kelompok sindikat joki tes masuk perguruan tinggi negeri yang digulung tim Polda Jatim, ini melakukan aksinya secara bersama-sama dan telah membagi tugas dan peran masing-masing.

Mereka ada yang berperan sebagai joki, pembuat alat atau perangkai alat, team briefing, team operator dan team master.

Baca Juga: Jika Google, WhatsAPP, Facebook Diblokir, Apa Alternatif Penggantinya?

Bahkan tarif untuk peserta SBMPTN yang titip lebat praktik perjokian ini cukup fantastis. Per orang tarifnya dari Rp 100 juta hingga Rp 400 juta.

Sindikat joki tes masuk PTN ini sudah berjalan lama. Diperkirakan, mereka telah meraup uang dari calon peserta hingga miliaran rupiah.

Diketahui, Polda Jatim menangkap delapan orang yang diduga menjadi joki Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Jawa Timur (Jatim).

"Kedelapan tersangka itu adalah, MJ, RHB, MSN, ASP, MBBS, MSME dan RF," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (16/7/2022).

Kini kedelapan tersangka telah diproses secara hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x