Sultan : Petani Milenial Harus Melek Teknologi

- 14 Juli 2022, 23:20 WIB
Petani milenial harus melek teknologi untuk memperluas jaringan pemasaran.
Petani milenial harus melek teknologi untuk memperluas jaringan pemasaran. /Pemprov Jateng/

 

YOGYALINE - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X menyatakan, petani harus melek teknologi, agar dapat membentuk jaringan pemasaran.

Sehingga, menjadi sangat penting bagi para petani milenial untuk meenggunakan teknologi, guna membangun sistem pemasaran yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas hasil taninya.

 Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan hal demikian saat melakukan dialog pada Festival Lumbung Mataraman bertajuk “Gebyar Potensi Petani Milenial DIY” yang digelar Selasa, di Halaman Kantor DPKP DIY, Umbulharjo, Yogyakarta.

Acara ini digelar untuk meningkatkan gairah pemasaran hasil produk pangan lokal DIY dengan menonjolkan kualitas yang terstandarisasi dengan baik.

Sri Sultan menyebutkan, para petani di DIY diharapkan mampu memenuhi kebutuhan lokal dengan produk lokal pula. Namun apabila belum mampu, Sri Sultan ingin meskipun masih menggunakan produk dari luar, namun yang terpenting DIY mampu mengemas dan melakukan pemasaran dengan lebih menarik.

Dengan begitu, peredaran uang di DIY akan lebih besar sehingga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Jalan Tol Solo-Bandara Internasional Yogyakarta, Akhir Tahun ini

“Pemda DIY akan terus mendorong dan memfasilitasi terkait standarisasi ini. Tapi memang harus ada verifikasi pada produk yang akan dijual terlebih dahulu, jangan asal jual karena punya konsekuensi hukum apabila kualitas tester berbeda dengan kualitas komoditas dagang,” kata Sri Sutan.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah