Hasil Pileg 2024 Dapil DIY 7 Wilayah Gunung Kidul, PDIP 3 Kursi, Nasdem Selamatkan Kursi di DPRD DIY

- 11 Maret 2024, 13:12 WIB
Ilustrasi Rekapitulasi hasil Pileg 2024. Hasil Pileg 2024 di Dapil DIY 7 Wilayah Gunung Kidul mencatatkan PDIP meraih 3 kursi, disusul Gerindra, dan Nasdem dua kursi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj
Ilustrasi Rekapitulasi hasil Pileg 2024. Hasil Pileg 2024 di Dapil DIY 7 Wilayah Gunung Kidul mencatatkan PDIP meraih 3 kursi, disusul Gerindra, dan Nasdem dua kursi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj /(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

YOGYALINE – Pleno rekapitulasi suara hasil Pileg 2024 untuk tingkat DPRD DI Yogyakarta telah selesai di laksanakan, dimana untuk Dapil DIY VII atau wilayah Gunung Kidul  menunjukkan persaingan dalam perolehan kursi cukup ketat. Terutama untuk peraih 1 kursi.

PDIP cukup berjaya dengan meraup tiga kursi, disusul Gerindra dan Nasdem merebut dua kursi. Sedangkan partai Golkar, PKB, PKS, dan PAN mengamankan masing-masing satu kursi.

Dapil Gunung Kidul memperebutkan 11 kursi, yang merupakan kuota terbanyak di DIY di antara 7 Dapil yang ada. Di Gunung Kidul tercatat terdapat 483.747 suara sah, yang juga terbanyak di antara dapil yang lain.

Baca Juga: PDIP Raih 3 Kursi dari Dapil Kota Yogya untuk DPRD DIY, Dwi Wahyu Peraih Suara Caleg Tertinggi

Dalam perolehan suara, PDIP cukup mendominasi dengan meraup 100.788 suara. PDIP cukup kuat selama ini karena pemilih tradisional yang cukup militan.

Sementara Nasdem cukup menyeruak di Dapil Gunung Kidul mengingat Bupati yang berkuasa di daerah tersebut merupakan kader Nasdem.  Raihan suara Nasdem bahkan menyamai Gerindra, dengan dua kursi.

Raihan suara Nasdem di Gunung Kidul juga merupakan satu-satunya Dapil yang mampu menyumbang kursi DPRD DIY, bahkan dua sekaligus. Di DPRD DIY, Nasdem Kehilangan satu kursi di bandingkan pemilu sebelumnya.

Berikut daftar perolahan suara partai di Dapil DIY VII atau Gunung Kidul:

1.PDIP meraih 3 kursi, dengan perolehan suara total 100.788 suara

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x