Dosen UGM Dr Danang Sri Hadmoko S.Si, Msc Terima Penghargaan Tremlin-ASEAN, Begini Dedikasinya

- 22 Oktober 2023, 16:31 WIB
Peneliti UGM yang juga sebagai Dekan Fakultas Geografi, Dr Danang Sri Hadmoko, S.Si, M.Sc, menerima penghargaan bergengsi dari Les Academies Des Sciences Institut de France, Grand Prix Tremplin-ASEAN.
Peneliti UGM yang juga sebagai Dekan Fakultas Geografi, Dr Danang Sri Hadmoko, S.Si, M.Sc, menerima penghargaan bergengsi dari Les Academies Des Sciences Institut de France, Grand Prix Tremplin-ASEAN. /purwoko/yogyaline.com/ugm

YOGYALINE - Dosen UGM sekaligus peneliti, Dr Danang Sri Hadmoko, S.Si, M.Sc, menerima penghargaan bergengsi dari Les Academies Des Sciences Institut de France, Grand Prix Tremplin-ASEAN, atas kolaborasi yang dilakukan dengan mitra peneliti dari Universite Paris 1 Pantheon Sorbonne, Prof Dr Franck Lavigne.

Penghargaan kepada Dekan Fakultas Geografi, UGM dan rekannya itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kolaborasi penelitian selama lebih dari 15 tahun terakhir hingga memberikan kontribusi signifikan dalam bidang kebencanaan dan kegunungapian.

Seremoni pemberian penghargaan dilakukan di Paris, Prancis, pada Selasa 17 Oktober 2023. Penghargaan ini cukup spesial karena sedikit ilmuwan dari luar Prancis yang mendapatkan penghargaan ini.

Baca Juga: Tak Harus ke Pelosok Kampung, KKN UGM Diterjunkan untuk Bantu Entaskan Kemiskinan di DIY

“Acara pemberian penghargaan dihadiri oleh ilmuwan Perancis terkemuka yang merupakan anggota dewan akademi ilmu pengetahuan Prancis, dan para penerima penghargaan yang sebagian besar adalah orang Prancis. Hanya beberapa orang di luar Prancis yang mendapatkan penghargaan ini,” ucap Danang, Rabu 18 Okotber 2023 dikutip dari website UGM.

Institut de France sendiri merupakan sebuah lembaga di bawah Presiden Perancis, yang berperan untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait berbagai macam kebijakan.

Lembaga ini didirikan pada tahun 1795 untuk menjaga tradisi ilmiah dan memajukan pilar akademik dan inovasi dalam bidang sastra, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Penghargaan Tremplin diberikan oleh Institut de France kepada para peneliti yang memiliki inovasi dan rekam jejak penelitian yang panjang dan berimpak besar dalam berbagai bidang.

Grand Prix Tremplin-ASEAN, penghargaan yang diterima Danang, merupakan penghargaan yang diberikan untuk kerja sama bilateral antara pemerintah Prancis dengan negara-negara ASEAN.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x